Prof Nelson Pomalingo Lakukan Gerakan Tanam Serentak Komoditi Pertanian Di 19 Kecamatan

Prof Nelson Pomalingo Lakukan  Gerakan Tanam Serentak Komoditi Pertanian Di 19 Kecamatan
Prof Nelson Pomalingo Lakukan  Gerakan Tanam Serentak Komoditi Pertanian Di 19 Kecamatan

Limboto – gosulut.id -  Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo bersama Danrem 133 Nani Wartabone Gorontalo Kol. Czi. Arnold A.P. Ritiauw turun langsung menanam padi disawah bertempat Kompleks persawahan Lingkungan Hutakiki Kelurahan  Kayumerah Kecamatan Limboto Kabupaten,  turun langsung menamam padi disawah ini pada Kegiatan Pencanangan Gerakan Tanam Serentak Komoditi Pertanian oleh Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemda Kabupaten Gorontalo, Jumat (22/11/18).

Kegiatan diawali dengan penyerahan secara simbolis Alat Pasca Panen berupa, Corn Sheller (Pemipil Jagung) bagi Kelompok Tani Raudhatul Jannah Desa Ilomata KecamatanTibawa,  Power Tresher (Perontok Jagung) bagi Kelompok Tani Teratai Kelurahan Hutuo Kecamatan Limboto dan Alat Penepung Jagung  untuk kelompok Tani Matuari Desa Reksonegoro Kecamatan Tibawa. Dilanjutkan pendatangan Nota kesepahaman tentang pendampingan upaya Khusus (Upsus) komoditas strategis kementrian pertanian bersama DANREM dan Bupati Gorontalo.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo Dalam Sambutannya mengatakan, Mengapa gerakan tanam serentak melibatkan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo?

Alasan Pertama Kata Nelson, kami para ASN ingin memberikan semangat, pada petani yang selama ini, jasa mereka sangat berharga. Bisa kita bayangkan saja jika tanpa petani, mau makan apa kita. Maka dari itu, dengan semangat petani, kiranya lahan-lahan yang ada di Kabupaten  Gorontalo bisa dioptimalkan dalam rangka kemandirian pangan.

Kedua, selaku Bupati Gorontalo, ingin membelajarkan kepada ASN bahwa menjadi petani, menanam padi itu susah, sedangkan kita saja hanya tau makan dan terkadang kita sendiri, tidak mengetahui bagaimana susahnya,  para petani menanam padi. Di bawah komando Pak Danrem bersama seluruh ASN lainnya, mari bersama-sama turun kesawah, menanam padi sambil berpanas-panasan dan bermain lumpur, sehingga kita dapat mengetahui bagaimana susahnya pekerjaan petani.

,Alasan ketiga yakni, kesemuanya, bertujuan meningkatkan kesejahteraan para petani dan juga dalam rangka ketahanan pangan kemandirian para petani, tegas Nelson Pomalingo

Perlu disampaikan bahwa sawah yang berada di Kabupaten Gorontalo + 15.000 Ha,Lahan kering + 100.000 Ha lahan basah, jika Lahan-lahan tersebut kita optimalkan, maka InsyaALLAH, ketahanan pangan yang sudah ada, tinggal kita dorong, agar lebih meningkat dan terwujud di Kabupaten Gorontalo bahkan Tingkat Provinsi Gorontalo, unkapnya

 

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo pada kesempatan itu berharap, kegiatan dilakukan sekarang,  jangan hanya ceremony. Khusus bagi Dinas Pertanian, jangan hanya sampai pada pencanangan, tapi kegiatan ini, diharapkan agar lahan -lahan dioptimalkan.

"Segera ditanami lahan-lahan khususnya diwilayah Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Batudaa, jika dilihat dari atas pesawat, masih banyak lahan-lahan belum ditanami, ajak para pemilik lahan dan berdayakan mereka semua " Harap Nelson.

Setelah dicanangkannya kegiatan, maka di akhir bulan november,  seluruh lahan kering, maupun lahan basah, sudah bisa tertanam, karena disaat sekarang, mulai masuk dimusim penghujan.

”Saat sekarang,  kita masih impor beras,maka dengan cara gerakan tanam serentak, dapat mengatasi secara bersama, menciptakan terwujudnya pergerakan yang luar biasa, dalam meningkatkan ketahanan pangan, melalui semangat kolaborasi TNI-POLRI dan petani, bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo dan BPTP,  dapat memunculkan inovasi-inovasi baru , terkait pengembangan pertanian kita di daerah, guna mencapai kejayaan para Petani Kabupaten Gorontalo”, Jelas Nelson

Sementara itu Danrem 133 Nani Wartabone Gorontalo Kol. Czi. Arnold A.P. Ritiauw menyampaikan, Provinsi Gorontalo sangat kaya raya akan potensi Sumber Daya Alamnya dan permasalahnya sekarang, siapa akan mengelolanya, tidak lain adalah seluruh masyarakat Kabupaten Gorontalo.

" Seandainya sejumlah 3,6 % pengangguran masyarakat Kabupaten Gorontalo, saat ini kita ajak turun kesawah, maka tidak ada namanya masyarakat  miskin," Ucap Danrem Arnold.

Secara terpisah Kabag Humas Kabupaten Gorontalo Rahcmad Mohamad waktu temui wartawan media online www.gosulut.id  menambahkan, kegiatan gerakan tanam serentak ASN di laksanakan di 19 kecamatan, di wakili  oleh semaua para asisiten dan seluruh SKPD terjun di wilayah kecamatan, sedangkan Sekertaris Daerah Ir. Hadijah U Tayeb bersama para kades diwilayah kecamatan Asparga, tutur Rahcmad Mohamad  (Ih -04)