Prof Nelson Pomalingo Didaulat Wakili Ketua APKASI Membuka Rapat Umum LTKL

Prof Nelson Pomalingo Didaulat Wakili Ketua APKASI Membuka Rapat Umum LTKL

Laporan Wartawan WWW.GOSULUT.ID

 

 

 

GoSulut.Id - Jakarta - Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo,Kembali didaulat oleh ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI ) membuka rapat umum Lintas Temu Kabupaten Lestari (LTKL ), selasa (26/2).

Nelson Pomalingo yang juga ketua Bidang Pertanian APKASI mengatakan, Guna mengonsolidasikan program dan anggota-nya, Lingkar Temu Kabupaten Lestari atau biasa disebut LTKL menyelenggarakan Rapat Umum Anggota pada saat ini.

Prof Nelsonm Pomalingo mengingatkan kembali sejarah berdirinya LTKL setahun lalu  yang didasari oleh semangat dari kabupaten-kabupaten yang memiliki visi yang sama, yakni mengedepankan pembangunan hijau yang berkelanjutan.

Menyinggung latar belakang terbentuknya Lingkar Temu Kabupaten Lestari pada Desember 2016 dari  perwakilan 8 kabupaten dan 6 provinsi bekerjasama dengan jejaring mitra pembangunan, bersama Apkasi mengadakan pertemuan sekaligus membnetuk LTKL.

Sebagai forum kemitraan maupun kolaborasi menuju aksi nyata untuk mendorong percepatan pembangunan berkelanjutan yang meliputi aspek ekonomi, sosial dan lingkungan, dengan fokus pada tata kelola yang baik di dalam maupun antar kabupaten melalui metode pelibatan inovasi.

" Rapat umum Anggota LTKL diselenggarakan, supaya  anggotanya akan bertambah, sehingga dampak positif makin bisa dirasakan bersama di kabupaten masing-masing”  Tutur Nelson Pomalingo.

 Sedangkan jumlah anggota LTKL saat ini,  sudah sembilan Kabupaten di Indonesia, sehingga pada rapat kali ini, yang siap bergabung ada dua Kabupaten, diantaranya Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Kapuas Hulu.

oleh karena itu, dirinya berharap dalam Lingkar Temu Kabupaten Lestari, mampu mengevaluasi organisasi dengan baik termasuk anggotanya, tentang apa yang sudah dihasilkan selama setahun, sebagai indikator bagi Kabupaten yang ingin bergabung, sehingga anggota LTKL bisa lebih banyak.

"Artinya hasil selama setahun dan menjadi daya tarik tersendiri bagi Kabupaten yang belum bergabung," Pinta Nelson Lagi.

Di dalam rapat tersebut juga akan dibahas forum komunikasi yang akan menjadi wadah saling bertukar pengalaman di antara sesama anggota, bahkan dalam kegiatan LTKL terus mendorong kabupaten-kabupaten, agar menjaga lingkungannya di daerah masing-masing.

”Ke depan, LTKL memiliki pekerjaan rumah yang banyak harus diselesaikan, guna  menjadi mitra strategis bagi pemerintah pusat, mengingat masih banyak kebupaten-kabuaten yang perlu ditingkatkan kesadarannya dalam menjaga lingkungannya masing-masing, semoga para anggota Apkasi bisa bergabung bersama untuk Indonesia lebih maju lagi, ” Jelas Nelson Pomalingo***