Produk UMKM Harus Punya Daya Saing

Produk UMKM Harus Punya Daya Saing

GOSULUT.ID - DPRD - Ditengah era pasar bebas ini, para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus terus berinovasi, produk- produk yang dihasilkan punya daya saing agar mampu bertahan bahkan bisa berkembang.

Anggota Komisi II, Yeyen Sidiki, SE, saat dihubungi usai melakukan studi komparasi terkait program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) di Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Provinsi DKI Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Ia mengatakan, dari penjelasan yang disampaikan oleh pihak dinas, pelaku UMKM di DKI Jakarta mampu berhasil dalam setiap fase atau tahapan

Indikatornya keberhasilannya, mulai dari pendaftaran, pelatihan, pendampingan usaha, perijinan, pemasaran, fasilitas keuangan dan fasilitas permodalan.

"Menurut data mereka, sejak tahun 2018 wirausaha baru yang telah terdaftar terus meningkat bahkan diperkirakan 2022 bisa mencapai 200 ribu," terang Yeyen.

Srikandi Partai Golkar ini mengatakan, gambaran yang diperoleh ini bisa menjadi bahan dan masukan bagi pemerintah provinsi Gorontalo dalam mengembangkan UMKM yang ada didaerah ini.

Menurutnya, pelaku UMKM memiliki peran strategis dalam pembangunan dan peningkatan perekonomian di daerah.  

"Untuk Provinsi Gorontalo hal ini perlu didorong agar pelaku UMKM dapat meningkat dari mikro menjadi kecil, kecil menjadi menengah dan seterusnya," katanya," tandasnya.

Editor: Harso Utiarahman