Polda Gorontalo Gelar Operasi Yustisi Gabungan, Tidak Patuh Langsung Kena Sanksi

Polda Gorontalo Gelar Operasi Yustisi Gabungan, Tidak Patuh Langsung Kena Sanksi

GOSULUT.ID - HUKRIM - Polda Gorontalo bersama Polres Jajaran secara serentak menggelar Operasi Yustisi pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan (Prokes) bersama TNI dan Satpol-PP. Senin (14/9/2020)

Diantaranya operasi yang dilaksanakan di Kota Gorontalo di tiga titik, yakni Bundaran Saronde, Perempatan Jalan Dua Susun, dan di perempatan Jalan Ahmad Yani Kota Gorontalo.

Kegiatan yang juga bersifat razia terhadap pengendara kendaraan langsung dengan pemberian sanksi bagi pelanggar Prokes seperti tidak memakai masker.

Seperti yang dialami Al Misbah Ali dedego yang saat mengendara motor tidak memakai masker. Anak muda ini langsung diberi tindakan dengan dipakaikan rompi khusus bagi pelanggar dan menyapu jalan. Setelah selesai diri ya didata, diberi edukasi serta diberi masker oleh petugas.

Kepala Bidang Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono, Sik dalam keterangannya menyampaikan mulai hari ini seluruh wilayah di Indonesia secara melaksanakan operasi yustisi dalam rangka penegakkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Dalam pelaksanaannya akan dilakukan oleh 3 pilar yakni Polri, TNI dan juga Pemda dalam hal ini Satpol PP.

"Dimana kegiatan operasi ini sebagai implementasi Inpres 6 tahun 2020 yang juga telah dijabarkan dalam Pergub Gorontalo No 41 tahun 2020," Ungkapnya.

Lanjut Wahyu dikatakan, bahwa operasi ini sebagai bentuk tindakan tegas bagi mereka yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Penyebaran Covid19 terus mengalami peningkatan, termasuk di wilayah Provinsi Gorontalo yang sudah menembus angka 2000 lebih, hal ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan sudah mulai menurun. Oleh sebab itu, upaya preemtif berupa pemberian himbauan-himbauan dan sosialisasi ini terus dilakukan seiring menekan angka bertambahnya jumlah korban Covid-19," Pungkas Wahyu.

Editor: Harso Utiarahman