Peternakan Kabupaten Gorontalo Lakukan Panen Pedet 2018

Peternakan Kabupaten Gorontalo Lakukan Panen Pedet 2018

GoSulut.Id - Limboto - Pelaksanaan apel ternak, beberapa waktu lalu sebelum akhir tahun, dalam rangka mensukseskan program nasional yang dilaksanakan sejak tahun 2017, bertujuan memberikan apresiasi terhadap peternak, yang sudah berpartisipasi mendukung  potensi pengembangan peternakan, khusus sapi sapi ras unggul/eksotik yang di hasil-kan melalui proses inseminasi buatan, melalui upaya khusus sapi indukan wajib bunting (APSUS SIWAB) di wilayah Kabupaten Gorontalo,  ungkap Ir. Femmy Wati Umar. Msc, rabu (27/12)

Dalam kegiatan itu di hadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo, guna memantau perkembangan bantuan ternak pemerintah yang telah di salurkan pada para anggota kelompok sebagai bahan evaluasi dalam pelaksanaan program kegiatan kedepan.

Maka Bupati Nelson Pomalingo, ingin melihat secara langsung perkembangan ternak sapi yang berasal dari bantuan pemerintah bahwa, apakah sapi yang telah diterima oleh para anggota kelompok ternak, telah menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Ternyata pertambahan populasi ternak dimasing-masing kelompok, setiap tahun terus bertambah.

”Bahkan ada kelompok yang sudah menggulirkan hasil keturunannya sampai dengan 5 kali, sehingga terbentuk 5 sub kelompok ternak”Ucap Femy Waty Umar.

Dengan berkembangnya bantuan ternak sapi ini, maka diharapkan akan meningkatkan ekonomi pendapatan keluarga, sehingga pada akhirnya akan mengurangi angka kemiskinan di kabupaten gorontalo.

Panen pedet saat ini merupakan hasil kegiatan UPSUS SIWAB yang telah dilaksanakan mulai tahun 2017 di Kabupaten Gorontalo, maka di 2018 telah menujukkan hasil yang sangat baik.

”Target dan realisasi upsus siwab tahun 2018 yang ditetapkan oleh pemerintah pusat yang pelaksanaannya dimulai sejak awal januari sampai tanggal 1 november 2018 yaitu :

pelaksanaan ib        :

  • target      = 5.812  ekor
  • realisasi   =  7.975 ekor (capaian 137 %)

 

pelaksanaan pkb :

  • target      = 4.066  ekor
  • realisasi   =  5.268 ekor (capaian 129 %)

 

pelaksanaan laporan kelahiran  :

  • target      = 4.066  ekor
  • realisasi   =  3.924 ekor (capaian 97 %).
  •  

,maka capaian kinerja ini, berkat sinergitas dan kerjasama yang baik antara petugas di lapangan dengan pokja Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo.

Pada panen pedet, jumlah akseptor 14.000 ekor, kebuntingan 9.800 ekor dan kelahiran 7.700 ekor dengan capaian ternak yang di ib 5.876 ekor, ternak bunting 5.609 ekor dan kelahiran 1.074 ekor” Ujar Femy Waty Umar.    

Selain itu, prestasi lain yang membanggakan berkaitan dengan upsus siwab, penghargaan yang diberikan oleh Menteri Pertanian, pada petugas teknis di Kabupaten Gorontalo, Jamaludin Dani meraih Juara I Tingkat Nasional, sebagai petugas inseminator, untuk kategori daerah dominan kawin alam, kemudian Samsuri Muntalip meraih Juara II Tingkat Nasional sebagai petugas pemeriksa kebuntingan di kategori daerah dominan kawin alam.

”Dengan adanya prestasi ini, maka akan menjadi daya tarik dan memacu semangat bagi insan peternakan untuk terus berkarya dan membangun peternakan dikabupaten gorontalo” Jelas Femy Waty Umar.

Lanjut Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, guna memberikan apresiasi terhadap para peternak, pada kegiatan ini, akan diberikan penghargaan pada peternak, yang ternak sapinya telah terpilih melalui penilaian oleh tim juri, melalui kriteria penilaian dilakukan pada kategori, sapi bali induk betina bantuan pemerintah, pedet hasil inseminasi buatan dan kategori sapi indukan.(Mnt-Kolonglangit)