Personil Kodim Jajaran Korem 133/NW Ikuti Latihan Penanggulangan Bencana

Personil Kodim Jajaran Korem 133/NW Ikuti Latihan Penanggulangan Bencana

GOSULUT.ID - Latihan penanggulangan bencana alam (Gulben) Tahun Anggaran 2021, yang di ikuti oleh personel kodim jajaran Korem 133/Nani Wartabone latihan yang digelar di Lapangan Mayonif 713/Satya Tama, Rabu (10/11/2021). 

Kegiatan ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan satuan jajaran Korem 133/NW beserta unsur terkait lainnya dalam upaya menghadapi bencana alam yang berada di Gorontalo.

Kasiops Korem 133/Nani Wartabone Letkol Inf Prabowo mengatakan, latihan tersebut dilakukan guna mempersiapkan semua unsur petugas, serta mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Gorontalo dan sekitarnya. Sebab, kesiapsiagaan dan kecepatan bertindak dalam rangka membantu penanggulangan bencana tersebut sangat diperlukan.

"Latihan ini dimaksudkan meningkatkan kesiapan Jajaran Korem 133/Nani Wartabone dan unsur wilayah dalam rangka menanggulangi bencana alam yang sewaktu-waktu terjadi. Termasuk  menyiapkan dan menyiagakan sarana prasarana yang dibutuhkan guna mengantisipasi terjadinya bencana alam," imbuhnya.

Tujuan diselenggarakan latihan ini untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan evakuasi korban dalam melaksanakan kegiatan penanggulangan bencana alam banjir. Dimana sasaran latihannya adalah memamhami dan mampu dalam melaksanakan evakuasi korban bencana khususnya bencana alam banjir.

Adapun Materi yang di latihkan kepada peserta Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 133/Nani Wartabone TA. 2021 yaitu materi latihan Perigatan Dini dari BMKG Gorontalo, materi latihan 
Manajemen Bencana dan Posko dari BPBD Gorontalo, materi latihan shelter dan pengungsian dari Dinas Sosial Gorontalo, materi latihan Teknik pencarian dan pertolongan korban bencana dari Basarnas Gorontalo dan materi latihan penanganan korban bencana dari Dinas Kesehatan Gorontalo.

"Latihan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode praktek dan driil di lapangan, secara teknis maupun taktis. Sehingga di harapkan para pelaku latihan memahami serta mampu berbuat yang terbaik pada saat penanggulangan bencana yang terjadi di wilayahnya khususnya penanggulangan terhadap bencana alam banjir," pungkas Letkol Inf Prabowo.