Pernyataan Ketua Bawaslu RI Menyebar, Rio Potale : Keputusan Pleno KPU Tidak Terbukti

Pernyataan Ketua Bawaslu RI Menyebar, Rio Potale : Keputusan Pleno KPU Tidak Terbukti

GOSULUT.ID-Salah satu kuasa hukum NDH, Rio Potale,SH mengatakan, sampai saat ini, isu pencoretan terhadap pasangan calon nomor 2 Calon Bupati, Nelson Pomalingo terus menyebar.

"Terkait peryataan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan menyampaikan enam daerah yang melangar Pasal 71 Ayat (1), (2), dan (3) Undang-undang Pilkada Nomor 10 Tahun 2016 di salah satu media pada Selasa 20/10/2020," kata Rio Potale, membenarkan hal itu.

Tetapi, dari enam daerah tersebut, dua pasangan di coret. Namun ada 4 daerah yang diputus tidak terbukti, termasuk pasangan NDH Kabupaten Gorontalo. Seperti  kita ketahui bersama pada Sabtu (17/10/2020) pukul 15.35 oleh KPU Kabupaten Gorontalo telah melakukan Pleno Rekomendasi Bawaslu Kabgor, dan hasil-nya tidak terbukti.

"Jadi semua sudah jelas, pasangan calon Bupati Nelson Pomalingo dan Wakil Bupati, Hendra Hemeto yang di kenal dengan pasangan NDH masih sah sebagai calon. Mari hormati putusan Pleno KPU Kabgor," ujar Rio Potale, Rabu (21/10/2020).

Lanjut Rio Potale menjelaskan, mari bedakan Rekomendasi dan Keputusan. Jika keputusan wajib dilaksanakan selama kurun waktu selama 3 hari, dan kalau rekomendasi selama 7 hari setelah surat itu di terima oleh KPU Kabgor.

"Maka surat rekomendasi Bawaslu Kabgor terkait calon Bupati Gorontalo.Setelah dilakukan pendalaman oleh mereka KPU Kabgor. Hasil Plenonya memutuskan tidak terbukti. Berarti pasangan NDH tetap sebagai calon," jelasnya.

Rio Potale menambahkan, bagi masyarakat Kabupaten Gorontalo khususnya simpatisan NDH, tidak usah terpengaruh isu murahan.Dan jangan lupa di 9 Desember 2020 pasangan NDH.

"Semua itu, hanya isu murahan yang terus ditujukan pada kedua pasangan ini. Mari kita semua bekerja, guna menyambut kemenangan yang sudah terlihat. Insya ALLAH di 9 Desember 2020 pasangan NDH Nomor 2 akan melanjutkan pembangunan di daerah ini," tambah salah satu Tim Kuasa Hukum NDH, Rio Potale.***

Editor : Mnolla.