Perda Penegakkan Prokes Segera Dibuat, Walikota: Menunggu Provinsi Sebagai Acuan

Perda Penegakkan Prokes Segera Dibuat, Walikota: Menunggu Provinsi Sebagai Acuan

GOSULUT.ID - Pemerintah Kota Gorontalo hingga saat ini sangat serius dan konsisten menegakkan disipilin protokol kesehatan (Prokes) kepada seluruh lapisan masyarakat.

Ini ditandai dengan lahirnya Peraturan Walikota Nomor 26 Tahun 2020 yang implementasinya saat ini tinggal menunggu Peraturan Daerah (Perda) yang akan dibahas dengan DPRD Kota Gorontalo.

Terkait dengan hal itu, Walikota Gorontalo, H. Marten A Taha saat ditemui menyampaikan saat Perda tersebut secepatnya akan dibahas dengan pihak legislatif sembari menunggu Perda dari Pemerintah Provinsi Gorontalo yang saat ini sementara dibahas di DPRD Provinsi.

"Rancangannya kita sudah ajukan ke DPRD Kota, tinggal saat ini masih menunggu Perda dari Pemerintah Provinsi Gorontalo yang saat sementara dibahas di DPRD Provinsi," Ujar Marten. Senin (21/9/2020).

Lebih lanjut dikatakan, Perda yang akan dilahirkan Provinsi nantinya akan menjadi acuan bagi Pemerintah Kota Gorontalo untuk membuat perda yang nantinya menjadi dasar hukum bagi pelaksanaan kegiatan penegakkann dilapangan yang akan dijabarkan secara teknis dalam peraturan walikota tersebut.

"Sehingga perda yang dibuat akan selaras dengan regulasi sebagai turunan dari Inpres, Permendagri, dan Pergub," Sambung Marten.

Ia berharap dan tetap menghimbau kepada masyarakat di Kota Gorontalo agar tetap patuh serta disiplin pada protokol kesehatan dalam melaksanakan aktifitas sehari- hari baik ditempat kerja, keramaian, pusat-pusat pelayanan, perbelanjaan, Mall, Pasar, dan sebagainya.

"Pandemi covid-19 bisa segera berlalu dari Provinsi Gorontalo, khususnya Kota Gorontalo bila kita membiasakan diri disiplin terhadap protokol kesehatan, seperti senantiasa memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan," Imbuh Walikota.

Editor: Harso Utiarahman