Peran PKK Di balik Adipura

Peran PKK Di balik Adipura

GoSulut.Id – Limboto -  Dibalik keberhasilan pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam meraih penghargaan adipura ada peran signifikan dari PKK Kabupaten Gorontalo yang dinahkodai Dr.Fory Naway

Selama ini gerakan PKK baik di tingkat kabupaten, kecamatan, desa terus mengerakan sosialisasi, tentang  pengelolaan kebersihan lingkungan, terus di gelorakan sampai di tingkat lingkungan.

Bahkan sampai melakukan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Kabupaten Gorontalo, guna mensosialisasikan perbup, tentang kebijakan pengololaan sampah bagi ibu -ibu rumah tangga, terutama bagi kaum dasa wisma dan kader PKK, ungkap Fory Naway.

Guna lebih meningkatkan lagi kepedulian terhadap lingkungan, tentu pelaku utama dalam pengelolaan sampah ini, harus dimulai dari masyarakat itu sendiri.

”Terutama bagimana mengubah pola pikir masyarakat untuk sadar, peduli dan peka, bahwa sampah sebenarnya juga bisa bermanfaat, jika di kelola dan didaur kembali”Ucap Fory Naway.

Tujuan dari sosialisasi tersebut, untuk mengurangi sampah di tempat pembuangan akhir, sebagai salah satu edukasi bagi masyarakat dalam mengelola sampah dengan baik.

"Dengan demikian, kita telah memberikan pemahaman pada masyarakat, tentang bagaimana mengelola sampah dengan baik, sehingga nantinya sampah bisa bermanfaat dan bernilai ekonomi," Ujar Fory Naway.

Melalui kegiatan demikian, telah mengajak masyarakat, menjadi bijak dalam mengelola sampah, agar volume sampah akan terus berkurang di Tempat Pembuangan Akhir.

"Maka kebersihan lingkungan di Kabupaten Gorontalo dapat terpelihara dengan baik serta terbebas dari penyakit,"Kata Ketua Tim Pengerak PKK Fory Naway. (ih-04)