Penyimpanan Vaksin Covid-19 Ditinjau Gubernur Gorontalo

Penyimpanan Vaksin Covid-19 Ditinjau Gubernur Gorontalo

GOSULUT.ID – Kantor Farmasi milik Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menjadi tempat penyimpanan sebanyak 9760 vaksin covid-19 yang diberikan oleh pemeritah pusat kepada Gorontalo.

Maka Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Forkopimda meninjau tempat tersebut, Kamis (7/1/2021).

Menurut Rusli Habibie menjelaskan kondisi kantor ini masih kekurangan listrik sehingga diusahakan secepat mungkin bisa diatasi.

“Masih ada kekurangan yaitu listrik. Gensetnya ada, tapi otomatisnya yang tidak ada. Nah, sekarang saya panggil PLN untuk pasang. Jadi kalau listrik mati, itu sekian detik, listriknya hidup lagi agar suhunya agar tidak berubah. Untuk sementara saya minta dipasangi genset otomatis sambil menunggu gardu sendiri,” jelas RH.

Gubernur Rusli Habibie menambahkan saat ini Gorontalo telah siap menerima vaksin covid-19.

“Pada prinsipnya SDM kita sudah siap, gedung farmasinya sudah siap untuk menampung vaksin yang akan tiba hari ini, dan kami lengkap, ada pak Kapolda dan semua Forkopimda untuk menjemput dan mengawal barangnya sampai di sini,” tambahnya.

Ia mengungkapkan, vaksin akan disalurkan jika kabupaten/kota telah siap. Sosialisasipun telah dilakukan menjelang pelaksanaan vaksin pertama.

“Gorontalo kita lihat kesiapan masyarakat, jadi sekarang kita sudah sosialisasi di radio dan di media agar masyarakat siap, tapi yang didahulukan nakes, TNI Polri dan pegawai pegawai di provinsi dan kabupaten kota,” ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Karo Ops Polda Gorontalo, Kombespol Pratama Adhyasastra mengatakan pengamanan dilakukan di lokasi tempat penyimpanan vaksin dengan melibatkan banyak unsur.

“Pola pengamanan juga kita sudah bekerja sama semua, baik dengan bapak kapolres, kemudian Satpol- PP, TNI, kemudian kita juga akan tempatkan di sini tiga shift unit brimob yang bertugas selama 24 jam, dibantu juga oleh TNI,” kata Pratama.***