Pentingnya Kesadaran Hukum Bagi Aparat Pemerintah dan Masyarakat

Pentingnya Kesadaran Hukum Bagi Aparat Pemerintah dan Masyarakat

GORUT - GOSULUT.ID

Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin mengatakan, pentingnya kesadaran hukum, secara berkolaborasi baik dilingkungan pemerintahan maupun ditengah - tengah masyarakat.

Hal itu disampaikan usai menutup acara Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Penyuluhan Hukum bagi aparat desa se Kecamatan Gentuma Raya, Senin (29/11/2021).

"Jadi bimtek penyuluhan hukum ini dimaksudkan untuk menagntisipasi terjadinya peningkatan kesadaran hukum ditengah masyarakat," ungkap Bupati Indra Yasin.

Ia menekankan kepada aparat yang tentunya sebagai pelaksana penyelenggara pemerintahan, tentu harus benar - benar ebih awal mengetahui tentang aturan - aturan hukum yang ada. 

"Jadi hasil dari bimtek ini akan diteruskan oleh Kepala Desa, BPD kepada masyarakat. Sehingga mereka bisa tahu apa yang menjadi hak dan kewajibannya kepada negara termasuk yang ada di desa, kecamatan, dan kabupaten," jelasnya. 

Dirinya berharap, melalui penyuluhan ini disisi lain paling tidak bisa menekan pelanggaran - pelanggaran yang bisa muncul ditengah - tengah masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan. 

"Sehingga mereka harus kita beri tahu, dan yang memberi tahu adalah aparat desa, karena mereka adalah yang paling terdepan, didalam pelaksanaan tugas - tugas pemerintahan, pembangunan kemasyarakatan," pungkasnya.(***)