Pengurus Manajer Offcial Club Di Mootilango Dikukuhkan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo  

Pengurus Manajer Offcial Club Di Mootilango Dikukuhkan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo  

GOSULUT.ID - Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo mengukukan pengurus Manajer Offcial Club Desa pada Cabang Olahraga Sepakbola, Bola Volly dan Sepak Takraw se-Kecamatan Mootilango.

Pengukuhan ini berlangsung di lapangan Desa Paris dan mengacu pada protokol kesehatan covid-19 turut hadir, Ketua PBVSI Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway, Kadis Dispora, Camat, Ketua Koni Kabupaten Gorontalo dan undangan lainnya.

Adapun anggota manager official Desa yang di kukuhkan dari tiga cabang olahraga, sejumlah 300 orang se-kecamatan Mootilango, untuk pelaksanaan pengukuhan ini sudah yang ketiga kalinya.

Lewat kesempatan ini, Nelson Pomalingo menyebutkan, pemerintah daerah selama 4 tahun ini terus mendorong bidang olahraga di Kabupaten Gorontalo. 

" Dari Koni tingkat kabupaten, kecamatan dan desa terus melakukan pelantikan untuk mengembangkan kelembagaanya,"ujarnya, Sabtu (29/08/2020).

Nelson juga menjelaskan, akan mengembangkan sarana olahraga desa yang terus di dorong bahkan sama ada yang setara berada di pusat kota.

" Bahkan sementara ini saya merancang senayan gorontalo yang berada di Kabupaten Gorontalo, mumpung Mentri Pemuda Olahraga Republik Indonesia asli gorontalo,"jelasnya.

Lanjut Nelson Pomalingo, saat ini demi memperhatikan sarana olahraga, Nelson berencana akan mengusulkan tanah hibah UNG yang ada di Haya-Haya akan di buat menjadi senayanya Gorontalo.

" Saya mengusulkan kembali tanah pemerintah daerah yang dihibakan kepada UNG sekitar 50 hektar di Desa Haya-Haya Kecamatan Limboto Barat, agar kedepan kita bisa lahirkan senayannya gorontalo. Sehingga satu saat daerah gorontalo menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) sudah memiliki fasilitas. Untuk melahirkan atlit-atlit profesional di bidangnya, termasuk juga sirkuit sang profesor satu-satunya di gorontalo berada di Kabupaten Gorontalo," lanjut Nelson.

Dirinya menjelaskan, tak hanya dari segi fasilitas, kelembangaan pemerintah daerah terus mendorong lewat pendidilkan olahraga, yakni di tahun 2020 telah mendirikan SMA olahraga pertama di ProvinsI Gorontalo.

" Tujuan dari berolahraga yaitu sehat apalagi dalam pandemi covid-19 imun kita salah satu lewat olahraga sehinga produktifitas jelas dan akan menjalan silahturami bisa terjin baik. Serta melalui olahraga daerah bisa terkenal.
Salah satunya para atlet olahraga takraw asal Kabupaten Gorontalo, sudah menama baik gorontalo di kanca nasional maupun internasional. Bahkan di bidang sepak bola sudah ada 4 orang sudah bermain di level nasional,"jelas Nelson.

Sementara itu Ketua Koni Kabupaten Gorontalo, Helmi Hippy mengungkapkan, sudah menjadi tanggung jawab Koni untuk mengembangkan olahraga hingga ke tingkat Desa.

" Kami selaku mitra pemerintah daerah dalam pengelolah, pembinaan pengembangan atlet berprestasi di Kabupaten Gorontalo. Mengejar semangat olahraga Bupati Gorontalo sejal 2016 namun sudah bagian tanggung jawab Koni terus berupaya pengembangaan keolahragaan di Kabupaten Gorontalo, Kecamatan dan Desa,"ungkap Helmi.

" Sehingga pegembangaan keolahragaan di Kabupaten Gorontalo merata sampai di tingkat desa, dengan target kami untuk melahirkan atlet - atlet dari desa. Untuk itu kami mengajak seluruh pihak khususnya manajer official, kepala desa di tahun 2021 dapat melahirkan pemuda berjiwa emas dan berprestasi di bidang olahraga, kami juga telah memprogramkan berbagai kegiatan kompotisi pekan olahraga kabupaten, kecamatan dan liga desa yang dilaksanakan setia tahun. Satu hal dalam membangkitkan semangat Koni maupun pemerintah daerah telah diberikan tanggungjawab dari Presiden Republik Indonesia, "sambung Helmi.

" Tentang Inpres Nomor 3 tentang percepatan pengembangaan sepak bola, maka inpres tersebut kami akan laksankan pada tahun 2021  berdasarkan surat keputusan dari Koni Pusat. Telah menyiapakan kompotisi liga siswa dan kempotisi usia 18 Tahun, pada awal bulan Februari 2021. Sehingga menjadi tanggung jawab bersama dalam melaksanakan program keolaragaan pemerintah pusat pusat maupun Daerah,"ujarnya.***

Editor : Alwin Ibrahim.