Penerapkan Penggunaan Tanda Tangan Elektronik Di Kabupaten Gorontalo

Penerapkan Penggunaan Tanda Tangan Elektronik Di Kabupaten Gorontalo

Laporan Wartawan  www.gosulut.id, Ifan Ceper

 

 

GoSulut.Id -Manado - Pemerintah Kabupaten Gorontalo saat ini resmi menerapkan Sertifikat dan Penggunaan Tanda Tangan Elektronik. Sosialisasi pemanfaatan sertkfikat elektronik dan penggunaan tanda tangan eloktronik di Lingkungan Pemerintah berlaku mulai Tahun 2019. Acara yang dibuka secara resmi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, berlangsung  di Aula Lantai V Gedung Kantor Pusat BPD Sulutgo, manado,jumat (25/01/19).

Tampak Hadir Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Sahmid Hemu, para asisten,Pimpinan OPD, Ketua TP -PKK Dr Fory Naway, Direksi Bank Sulutgo.  Adapun nara sumber pada kegiatan itu, Kajari Limboto Dr.Supriyanto, Direktur layanan aplikasi telematika pemerintahan ditjen aplikasi telematika kementerian komunikasi dan informatika RI Bambang Dwi Anggoro, Kepala Bidang E-government Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistic Provinsi Gorontalo Dewi Ahmad serta Kasubag Tata Usaha Balai Sertifikat Elektronik Badan Seiber dan Sandi Negara Imam R Muhtahar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gorontalo Azis Nurhamiddin dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi ini didasarkan pada  Peraturan pemerintah nomor 82 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Transaksi elektronik dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2016 tentang Manajemen pengamanan informasi.

“ Pada hakekatnya pengaplikasian Teknologi khususnya teknologi Informasi komunikasi (TIK) dalam penyelenggaraan pemerintahan saat ini, berkembang sangat pesat menuju Good Governance Dan Juga sedang bertrasformasi menuju  Implementasi E-Government,” Tutur Azis Nurhamiddin.

Dengan adanya perkembangan teknologi, maka bertukar data ataupun informasi saaat ini sangatlah mudah, dibalik kemudahan yang didapat dari perkembangan TIK ini, terdapat pula salah satu tangtangan dalam penerapan E- Government, terutama  keamanan Informasi.

“Informasi berupa dokumen,data audio dan video yang dipertukarkan dalam proses E-Government, pada hakekatnya berisi informasi yang perlu diberi jaminan keamanan, sehingga informasi tidak mudah dimanipulasi, dirusak atau disalahgunakan,” Jelas Azis Nurhamiddin.

Efisiensi penyelenggaraan layanan public dan keinginan untuk memberikan jaminan keamanan atas proses pertukaran informasi, secara elektronik menjadi dasar pelaksanaan kegiatan ini, sehingga memberikan pemahaman pada para pejabat structural di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo, dengan pemanfaatan sertifikat elektronik dan menilai secara tepat otentikasi seluruh peraturan sebelumnya.

“Diupload ke website, peraturan-nya harus ditandatangani secara digital, agar keaslia-nya tejamin dan tidak mudah di Hack atau-pun dibajak oleh pihak – pihak yang tidak berkepentingan menjadi hal penting untuk dilaksanakan,” Jelas Azis Nurhamiddin.

Maka seluruh unsur pelaksanaan kebijakan di Lingkungan pemerintah Kabupaten Gorontalo, perlu pula mengetahui bagaimana membuat tanda tangan digital, pada sertifikat eloktronik dan penerbitan sertifikat elektronik, melalui aplikasi lock, penting dilakukan agar nantinya pengaplikasian dapat berjalan sebagaimana diharapkan.

Pada akhir-nya pengetahuan lebih tentang upaya memahami bagaimana menggunakan sertifikat elektronik, agar dapat memberikan beberapa kemudahan dalam akses, menghemat waktu, menghemat ruang, ramah lingkungan, serta mengurangi kemungkinan hancurnmya data-data urgent.

”sebuah point penting yang perlu dijelaskan secara real, pada seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Gorontalo, bahwasa-nya disadari sepenuhnya penerapan sertifikat elektronik pada pejabat structural, guna meningkatkan kualitas E-Government di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo,” Tandas Azis Nurhamiddin***