Penanganan Virus Covid-19, Perlu Ada Konpensasi Bagi Dunia Usaha

Penanganan Virus Covid-19, Perlu Ada Konpensasi Bagi Dunia Usaha

GOSULUT.ID - DPRD - Imbas wabah virus covid-19 hingga saat ini mulai membawa dampak yang serius ke berbagai lini kehidupan masyarakat.

Meski hingga saat ini Provinsi Gorontalo menjadi daerah yang aman dari virus mematikan ini, efek dari himbauan pemerintah agar masyarakat membatasi berbagai kegiatannya turut berpengaruh pada dunia usaha.

Kondisi ini perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah selaku pengambil kebijakan.

Menurut Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Provinsi Gorontalo, Adnan Entengo, dunia usaha perlu mendapat perhatian atau bahan pertimbangan pemerintah agar dunia usaha menjadi objek yang turut mendapat kompensasi.

"Terkait hal ini kami (F- PKS-red) mendorong Gubernur agar menerbitkan semacam edaran kebijakan Work For Home,"ujarnya.

Ia mengatakan, kebijakan ini bagi buruh yang mekanismenya diatur oleh masing-masing perusahaan dengam tidak mengganggu sistem produksi atau operasional.

Usulan pertimbangan ini bagi lanjutnya, atas dasar jumlah tenaga kerja yang sangat besar dibanding Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Jumlah tenaga kerja yang terdaftar saja saat ini mencapai 33.220. Intinya bagaimana pemerintah memikirkan keberadaan mereka ini dengan berdiskusi dengan dunia usaha" terang Adnan.

Ketua BAPPEMPERDA ini menekankan, pada prinsipnya para tenaga kerja atau buruh juga perlu perhatian.

"Ditengah tengah antara tenaga kerja butuh nafkah dan juga pengusaha dengan roda perusahaan," tegasnya.

Editor: Harso Utiarahman