Pemprov Gorontalo dan Sulut Jalin Kerjasama Dalam Antisipasi Penyebaran Wabah PMK

Pemprov Gorontalo dan Sulut Jalin Kerjasama Dalam Antisipasi Penyebaran Wabah PMK

GOSULUT.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo dan Sulawesi Utara (Sulut) resmi menandatangani perjanjian kerjasama terkait pengawasan dan berizinan lalu lintas ternak serta pangan asal hewan yang terintegrasi, bertempat di Hotel Aston, Manado, Sabtu (26/11/2022).

Penandatangan tersebut dilakukan Kepala Dinas (Kadis) Provinsi Gorontalo Muljadi Mario serta Kadis Pertanian dan Peterkanan Provinsi Sulut Wilhelmina Jasinta Pangemanan dan disaksikan oleh Penjabat Gubernur (Penjagub) Hamka Hendra Noer, Penjabat Sekda Syukri Botutihe, Pimpinan OPD, serta Kadis Pertanian dan Peternakan se - Gorontalo.

Pada kesempatan itu, Penjagub Hamka Hendra Noer menyampaikan, pemerintah harus memberikan rasa nyaman dan keamanan bagi masyarakatnya dalam mengantisipasi wabah yang saat ini sedang menyebar yakni Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi hewan ternak.

"Oleh sebab itu, saya sangat mengapresiasi langkah kongkrit yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo bersama dinas pertanian & peternakan Provinsi Sulut sebagai pemasok dan penerima ternak serta pangan asal hewan dalam upaya pencegahan penyebaran PMK” ujar Penjagub Gorontalo.

Lebih lanjut, Hamka berharap, semoga kolaborasi ini terus berjalan tidak hanya ketika ada wabah PMK.

“Karena dengan adanya kerja sama ini akan meringankan dan memudahkan kita menjalankan tugas serta fungsi sebagai pengatur dan pelayan,” harapnya.

Perjanjian yang dilakukan tersebut berisikan antara lain informasi ketersediaan keluar dan masuknya ternak serta pangan asal hewan, informasi jaminan kesehatan hewan dan produk hewan yang masuk, informasi jaminan keamanan pangan yang masuk hingga melakukan pengawasan diperbatasan wilayah.***