Pemkab Gorontalo Sambut Tim Penilai Lomba Kelurahan

Pemkab Gorontalo Sambut Tim Penilai Lomba Kelurahan

Laporan Wartawan : Alwin Ibrahim
Editor : Mnunu Tangguda

 

 

 

 

GoSulut.ID -Limboto- Pemerintah Kabupaten Gorontalo diwakili Sekertaris Daerah, Ir. Hadijah U Tayeb menyambut tim lomba penilai kelurahan dari tingkat Provinsi Gorontalo, babu ( 26/06) di kantor Kelurahan Polohungo Kecamatan Limboto.

Rombongan tim penilai di pimpin langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Admintasi Kependudukan Catatan Sipil Provinsi Gorontalo, Slamet Bakri. Tampak hadir dari unsur Pemda Kabupaten Gorontalo dan sejumlah Pimpinan OPD, Staf Ahli Bupati, Camat Limboto serta Lurah se Kecamatan limboto dan masyarakat.

Camat Limboto, Guntur Pakaya  dalam sambutanya menyampaikan selamat datang seluruh tim penilai. Bahwa, kelurahan Polohungo merupakan kelurahan paling ujung dikecamatan Limboto yang mempunyai banyak potensi.

"Di antara-nya sektor pertanian, perkebunan yang menjadi sektor unggulan. Sebagai salah satu kontribusi Kelurahan Polohungo dalam mewujudkan Gorontalo Unggul," Kata Guntur Pakaya.

Selain itu, keunggulan Kelurahan Polohungo ada potensi pembuatan gula aren. 

"Kami mewakili masyarakat Polohungo bertekad mewujudkan masyarakat unggul dari Gorontalo," ujar Guntur Pakaya.

Dalam kesempatan itu, Sekda Ir. Hadijah U Tayeb menyatakan, Lomba kelurahan sebagai unggulan Kabupaten Gorontalo merupakan desa mekaran dari kelurahan biyonga yakni kelurahan Polohungo.

Tapi,walaupun kelurahan mekaran, partisipasi masyarakat dalam mendukung pemerintahan dan pembangunan begitu besar.

Hal ini, kata Hadijah dibuktikan dengan berbagai keunggulan yang dicapai dari berbagai sektor.

"Bagi kami dan masyatakat, Juara itu relatif, namun sebagai penyemangat dalam membangun," ungkap Hadijah U Tayeb. 

Selama ini masyarakat Polohungo taat pajak. Hal ini terlihat dengan PBB sudah sebagian besar lunas. Kesemuannya sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam meraih juara tingkat nasional.

" Semoga keluarahan Polohungo menjadi kelurahan yang terbaik demi Kabupaten Gorontalo dan Provinsi Gorontalo di tingkat Nasional,"Tegasnya.

Pada saat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Admintasi Kependudukan Catatan Sipil Provinsi Gorontalo, Slamet Bakri dalam arahan-nya menjelaskan, bahwa tim penilai akan melaksanakan  seobjektif mungkin. Dan di bagi tiga unsur, diantaranya bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang pembangunan.

Lebih lanjut, Slamet Bakri mengatakan, lomba Perkembangan desa maupun kelurahan dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat pusat, provinsi dan Kabupaten.

" Lomba ini merupakan kalender tahunan oleh pemerintah pusat dan daerah. Karena itu, tim bekerja secara profesional serta trasparan," ujar Slamet Bakri.

Untuk diketahui, kegiatan ini diakhiri dengan pemaparan profil dan capaian serta inovasi Program dan kegiatan Kelurahan Polohungo oleh Lurah .***