PEMERINTAH MINUT GELAR HUT KE 75 INDONESIA

PEMERINTAH  MINUT GELAR HUT KE 75 INDONESIA

GOSULUT.ID — Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar upacara peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Indonesia di halaman depan kantor bupati, Senin (17/8/2020).

Bupati Minut, Vonnie Anneke Panambunan (VAP) bertindak sebagai inspektur upacara. Dan upacara ini dimulai tepat pukul 09.00 Wita.

Dalam Upacara peringatan HUT RI yang ke-75 tahun ini,sangatlah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena semua sudah menerapkan standar protokol kesehatan dengan menggunakan masker, serta peserta yang mengikuti upacara dibatasi jumlahnya. Dan biasanya juga, upacara digelar di lapangan kantor bupati yang luas, akan tetapi saat ini dilaksanakan di belakang kantor bupati.

Dari pantauan awak media, terlihat hadir Wakil Bupati, Jopie Lengkong dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Minut.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah, Jemmy H Kuhu.bersama pejabat Eselon II dan III Pemkab Minut bersama instansi terkait hadir mengikuti upacara ini.

Dan yang tampil sebagai komandan upacara adalah Kapten (Inf) Sunaryo. Sedangkan pengibar bendera merah putih dipercayakan kepada Natanael Tamara, Bernard Kolondam dan Mishalya KW Ombuh dan pemimpin kelompok Vicky Panambunan.

Sementara untuk Pembacaan Teks Proklamasi adalah Ketua DPRD Minut Denny Lolong, dan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Minut, Pdt Anneke M Purukan.

Di Tahun-tahun sebelumnya, Pasukan Pengibar Bendera terdiri Formasi 17 merupakan formasi pengiring atau pemandu, yang berbaris paling depan. Namun saat ini, tinggal formasi 4 orang, 3 pengibar bendera dan 1 pemimpin kelompok pengibar.

Kemudian formasi 8 adalah formasi inti yang berada di belakang formasi 17. Formasi 8 ini berisikan pembawa baki bendera, pengibar bendera, dan sejumlah pendamping dan pelengkap.
Sedangkan formasi 45 disebut formasi pengawal, berbaris di belakang formasi 8. Semuanya berjumlah 68 orang.

Pengurangan jumlah anggota Paskibraka ini, lebih dikarenakan peringatan HUT RI yang ke-75 kali ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.***

Editor. ZULKIFLI LIPUTO