Pemerintah Kabupaten Gorontalo Bantu Masyarakat lewat Mutiara Pekarangan  

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Bantu Masyarakat lewat Mutiara Pekarangan  

 Laporan Wartawan WWW.GOSULUT.ID

 

 

GoSulut.Id -Talaga Jaya - Pemerintah Kabupaten Goontalo menjadi perhatian pemerintah pusat melalui Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, hal ini karena keterpaduan unsur komunitas lingkungan.

Dimana adanya keterpaduan masyarakat dan Pemerintah Daerah, melalui komunitas Kambungu Beresi, dalam gerakan pelertarian lingkungan, sebagimana salah satu misi  Pemeritah Kabupaten Gorontalo dalam pembangunan di bawah kepemimpinan, Prof.Nelson Pomalingo, yakni mewujudkan pembangunan berbasis kependudukan dan lingkungan hidup.

     (Foto : Panglima Kambers Sugandi Hamzah Mendampingi Asisten III Hend Restu)

Asisten III, Drs. Hen Restu.MM ketika hadir pada kegiatan Mutiara Pekarangan yang dirangkaikan dengan 11 tahun Kecamatan Talaga Jaya dan 3 tahun Kepemimpinan Bupati Gorontalo, Prof DR. Ir Nelson Pomalingo, M.Pd, minggu  (/3/3) di desa Buhu Kecamatan Talaga jaya menyampaikan, sebagai upaya pelestarian lingkungan ini dimana Desa Buhu  ini berada diwilayah pesisir Danau Limboto yang mengalami perubahan /degradasi lingkungan.

”Perlu adanya keterpaduan masyarakat lewat komunitas kambungu beresi yang bertujuan untuk cinta lingkungan, pelestarian lingkungan berupa bersi-bersih kampung secara terpadu bersama unsur pemerintah, baik kecamatan, desa dan seluruh masyarakat,”Kata Hen Restu.

Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo untuk terus menerus untuk melakukan hal ini  secara bersama sama dengan masyarakat , Kepala Desa, Camat dan bahkan melibatkan Babinkantibmas, Kapolsek, Puskesmas, dan Dasawisma  untuk tetap senantiasa menanam pohon.

”Pemerintah daerah melalaui dinas terkait, seperti Dinas Lingkungan Hidup, Ketahanan Pangan serta dinas lain-nya, terus berupaya menyediakan bibit pohon pelindung, tanaman buah, hingga bibit sayur sayuran, guna diserah-kan pada masyarakat, supaya bisa di tanam dipekarangan rumah dan menjadi tambahan pendapatan untuk menambah penghasilan keluarga,” Jelas Hend Restu.

       ( Foto :  Penyerahan Bantuan Kursi Roda Dari Pemerintah Oleh Asisten III Hend Restu)

Pada kesempatan itu, Asisten III, Drs. Hen Restu ,MM yang mewakili Bupati Prof Nelson Pomalingo, menyerahkan secara simbolis bantuan berupa kursi roda pada sembilan orang penerima, Husain Pakaya, Rudin Himari, Harun Yunus, Niko Igiasi, Rabia  Dayoh , Sabuna Saleh, Erni Tahir dan Nano Yusuf.

”Bantuan alat kursi roda ini adanya kepedulian Bupati Gorontalo, Prof DR. Ir. Nelson Pomalingo, M.Pd pada masyarakat  kuhusnya bagi penyadang disabilitas dan berkebutuhan khusus yang mengalami gangguan penyakit. Dengan harapan pula agar bantuan ini dirawat, jangan dibuat menjadi alat angkat barang, kalau ada warga yang sudah sembuh , maka alat ini dapat dipinjamkan pada masyarakat yang masih membutuhkan, sebab anggaran cukup terbatas,” Ungkap Hend Restu.

Dalam kegiatan tersebut, diawali dengan penanaman pohon pelindung sepanjang jalan, penanaman bibit bawang dan sayuran di depan pekarangan rumah  serta penyerahan bibit sayuran dari dinas ketahanan pangan Kabupaten Gorontalo, dihadiri oleh Camat Telaga Jaya Irham Maku, SP, MH, Kades Buhu Erni Dj Tadulo dan unsur PIKA serta masyarakat.***