Pemerintah Kabupaten Donggala Peringati Hari Pahlawan Tahun 2019 Dipusatkan Pelabuhan Donggala

Pemerintah Kabupaten Donggala Peringati Hari Pahlawan Tahun 2019  Dipusatkan  Pelabuhan Donggala

Hargai jasa dan pengorbanan pahlawan

GOSULUT.ID  - Donggala - Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH, MH bertindak sebagai Inspektur Upacara dan komandan upacara Kapten Laut, Yuli Prabowo dari Angkatan Laut.

Juliari P Batubara dalam amanatnya sebagai Mentri Sosial Republik Indonesia (RI) yang dibacakan Bupati Donggala menyampaikan, bahwa peringatan Hari Pahlawan 10 November kita di ingatkan oleh pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Negara Indonesia.

”Pada pertempuran tersebut, rakyat seluruhnya bersatu padu berjuang tanpa menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia,”kata Bupati Kasman Lassa.

Jiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja namun memerlukan pengorbanan yang luar biasa dari pada pendahulu negeri ini.

”Semangat yang ditunjukkan oleh para pahlawan dan pejuang tersebut, perlu terus ditumbuh kembangkan di dalam sanubari segenap insan warga negara Republik Indonesia (RI),” ucap Kasman Lassa.

Dengan memperingatan Hari Pahlawan, kita diarahkan agar lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan sebagaimana ungkapan salah seorang Refanding Father.

"Almarhum Bung Karno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para Pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar," jelas Kasman Lassa.

Dengan peringatan Hari Pahlawan, marilah kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 ini.

 " Aku Pahlawan Masa Kini," ucap Kasman Lassa.

Menjadi pahlawan masa kini, dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Republik Indonesia  dalam bentuk aksi-aksi nyata, memperkuat keutuhan NKRI seperti menolong sesama warga yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax dan sebagainya.

"Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat  senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi diberbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat dan membawa harum nama bangsa di mata Internasional" tegas Bupati Kasman Lassa.

Untuk itu, melalui momentum peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 mari kita terus menerus berupaya untuk memupuk nilai kepahlawanan, agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakt Indonesia," jelas Kasman Lassa.

Acara peringatan hari pahlawan itu,dilanjutkan dengan upacara prosesi tabur bunga.

Pada upacara peringatan Hari  Pahlawan tersebut turut dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Donggala, Ketua DPRD  Donggala, Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Dandim 1306 /Donggala,Kapolres Donggala, Kejari Donggala, Danlanal Palu Forkopimda, Kepala OPD, Ketua Tim Penggerak PKK Donggala dan seluruh pegawai yang ada di lingkup pemerintah Kabupaten Donggala baik ASN maupun PHL.***

 

Biro Donggala: Darul Fadhil