Pemda Bonebolango Mempersentasikan Non Tunai Di hadapan Para Bupati/ Walikota Seluruh Indonesia

Pemda Bonebolango Mempersentasikan Non Tunai Di hadapan Para Bupati/ Walikota Seluruh Indonesia

Laporan Wartawan WWW.GOSULUT.ID, Yance Harun

GoSulut.Id -Bonebolango - Kabupaten Bone bolango merupakan salah satu kabupaten pertama di Provinsi Gorontalo yang mengelola keungan melalui sistim cash online. 

Hal itu berkat instruksi Bupati, Hamim Pou, agar tercipta pemerintahan yang bersih dan cerdas serta memiliki kemampuan untuk mengelolah keuangan secara transparan dan angkuntabel, ungkap Kepala Badan Keuangan Bonebolango, Jusni Bolilio, selasa (5/5).

Semua-nya akan di berlakukan sampai di tingkat pemerintah desa, bagaimana menjawab kemajuan teknologi yang semakin tinggi saat ini, maka kita harus siap terlebih dahulu, terutama dalam sistim pelayanan publik di dunia pemerintahan.

”Salah satu yang sangat mendesak, bagaimana mewujudkan kemampuan memahami sistim mengelolah keuangan yang sudah mengunakan dunia digital, akibat kecangihan teknologi di era sekarang,"Tutur Jusni bolilio.

Kemudian, banyak regulasi dari Mentri Dalam Negeri (Mendagri), di mana pada saat tanggal 1 januari 2018 yang lalu, semua provinsi, baik kabupaten/kota harus menarapkan transaksi non tunai, agar tidak ada lagi menggunakan uang cash, semuanya harus di implementasikan dengan sistim non tunai.

”Sementara di Kabupaten Bonebolango, sudah memprogramkan aplikasi cash online, sejak awal 2017 sudah menggunakan cash online versi 1, tetapi saat mentransfer uang ke-rekening tujuan, hal tersebut masih menggunakan cara manual. Bahkan dalam menerbitkan SP2D, pihak bank sulutgo masih melakukan pemindahan bukuan atau transfer pada rekening tujuan,” Jelas Jusni bolilio.

Setelah melihat berbagai kendala yang ada, pihak Bank Sulutgo menaikan versi 2, supaya Bendahara SKPD bisa melakukan pemindahan bukuan sendiri, hal itu tidak di batasi lagi dalam ruang dan waktu.

”Kapan saja dan di mana-pun mereka, bisa melakukan dengan cara menggunakan perangkat komputer, leptop dan hp android. Selain itu, semua bisa dilakukan diluar dari aktifitas kantor, seperti sedang berada dirumah,” ”Ujar Jusni bolilio.

Kemudian, program aplikasi keuangan cash online di tarapkan sampai di tingkat pemerintah desa dengan melalui penggunaan dana desa.

”Sementara, sistim pelatihannya dilibat-kan Kepala Desa, Kaur Keuangan dan Bendahara Desa. Nanti-nya, mereka bisa memahami, program cash online yang kita laksanakan, telah bekerja sama dengan BPKP RI Perwakilan Provinsi Gorontalo serta Bank Sulutgo,” Kata Jusni bolilio.

Selain itu juga, pada (5/3) Pemda Bone bolango, melalui Badan Keuangan telah diminta untuk mempersentasikan, implementasi non tunai di hadapan para bupati dan walikota seluruh Indonesia,  Tegas Jusni Bililio.***