Peduli Korban Banjir, Korem Dirikan Dapur Umum

Peduli Korban Banjir, Korem Dirikan Dapur Umum

GOSULUT.ID - KOTA GORONTALO - Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus memberikan perhatian dan bantuan terhadap musibah banjir yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Gorontalo.

Tidak saja sigap membantu mengevakuasi para korban banjir ke tempat lebih aman, suplay makanan untuk warga yang kena dampak musibah bencana alam ini disalurkan melalui dapur umum yang didirikan di Lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo.

Atas petunjuk dan instruksi Danrem 133/ Nani Wartabone Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito MA, dua tenda dapur umum disiapkan oleh Kodim 1304 dan Tekbek.

45 Personil TNI ditempatkan bertugas bergantian selama 1x 24 jam yang dibagi menjadi 2 sift yakni siang dan malam untuk melayani para korban banjir. 

Dapur umum yang disiapkan selain digunakan memasak makanan sekaligus dikemas untuk kemudian dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Setiap harinya makanan yang diolah langsung para personil mencapai 2.051 bungkus, jumlah ini berdasarkan kebutuhan dan permintaan dari posko banjir yang berada di Kantor Walikota Gorontalo. 

Selain itu sejumlah personil turut disiapkan dilapangan untuk bersiap siaga bila terjadi banjir susulan.  

Pada kesempatan itu Danrem turut meninjau langsung kegiatan dapur umum didampingi Dandim 1304/Gorontalo Letkol Inf Alan Surya Lesmana S, Sos, dimana saat itu para personil ada yang bertugas mengolah bahan makanan dan memasak juga petugas lainnya mengemasnya untuk kemudian disalurkan kepada para pengungsi. Sabtu (4/7/2020).

Sejak musibah banjir pihak Korem dan Kodim juga telah menurunkan personil Babinsa ke titik-titik rawan lokasi, bergabung dengan sejumlah elemen lainnya untuk membantu serta mengevakuasi korban banjir ke lokasi lebih aman serta posko-posko yang telah disiapkan.

Danrem menyampaikan mengingat kondisi cuaca yang masih berpotensi hujan, ia menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa waspada.

"Terutama bagi mereka yang tinggal di bantaran sungai maupun perbukitan. Mudah-mudahan terhindar dari hal yang tidak diinginkan," harapnya.

Editor: Harso Utiarahman