Para Wakil Rakyat Tanda Tangani Fakta Integritas, Dr. Supriyanto : Paparkan Pencegahan Korupsi Dalam Pembahasan Dan Pelaksanaan APBD

Para Wakil Rakyat Tanda Tangani Fakta Integritas, Dr. Supriyanto : Paparkan Pencegahan Korupsi Dalam Pembahasan Dan Pelaksanaan APBD

Liputan Wartawan : Alwin Ibrahim

Editor : Mnunu Tangguda

GOSULUT.ID - Limboto - Pengambilan sumpah pimpinan DPRD Kabupaten Gorontalo kali ini agak sedikit berbeda dengan biasanya, senin (22/9).

Pasalnya, setelah acara pengambilan sumpah jabatan, dilanjutkan dengan agenda penandatanganan Fakta Integritas para anggota DPRD.

Dengan maksud, agar para wakil rakyat tersebut benar-benar dapat melaksanakan tugas dengan baik, dalam memberikan pelayanan optimal dan menciptakan kondisi hirokrasi Anti Korupsi.

Setelah penandatanganan Pakta Integritas tersebut, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo, Dr.Supriyanto dengan judul " Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Dalam Pembahasan dan Pelaksanaan APBD,".

Penyampaian materi oleh Kajari Ini, merupakan salah satu langkah Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo untuk mengimplementasikan paradigama mengedepankan pencegahan dalam penegakan hukum Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), disamping paralel dengan pencegahan juga penindakan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri, Dr. Supriyanto menyampaikan beberapa pesan pada seluruh anggota DPRD dalam pembahasan APBD, harus mengacu pada tingkat kebutuhan dan bukan keinginan.

" Terutama dalam merencanakan program kegiatan harus mempertimbangkan factor kebutuhan. Jika memang dasarnya adalah kebutuhan, insyaallah program tersebut akan benar-benar bermanfaat untuk masyarakat,"Sambungnya.

Dr. Supriyanto menegaskan, untuk anggota DPRD dalam mengimplementasikan fungsi pengawasan dan fungsi lainnya, tidak tersandera dengan kepentingan pribadi atau kelompok tertentu.

"Saat menjalankan fungsi pengawasan pelaksanaan APBD, bahkan tersandera dengan kepentingan, sehingga akan terjadi conflict of interest. Misalnya, anggota DPRD yang memperjuangkan program, namun mereka atau kelompoknya sendiri yang melaksanakan program tersebut. Hal ini berpotensi melanggar pasal 12 huruf i UU Tipikor ,"tegas Dr.Supriyanto.

Di akhir materinya Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo, Dr. Supriyanto, menyampaikan penggalan Surat Ali Imran ayat 110.

”Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada ALLAH," (QS Ali Imran : 110).