Momentum Hari Bhakti Ke 72, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo Siap Maksimalkan Pelayanan Dan Kawal Terobosan - Inovasi Ditjenim

Momentum Hari Bhakti Ke 72, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo Siap Maksimalkan Pelayanan Dan Kawal Terobosan - Inovasi Ditjenim

GOSULUT.ID - Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke 72 Tahun ini menjadi momentum bagi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo untuk makin meningkatkan semaksimal mungkin pelayanan kepada masyarakat di Provinsi Gorontalo dan mengawal berbagai kebijakan dan program Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjenim).

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim Kelas I TPI Gorontalo Joni Rumagit kepada wartawan usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke 72 Tahun secara virtual yang dipimpin langsung Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly, Kamis (27/1/2022).

Dikatakan, beberapa program yang telah dilaksanakan akan terus ditingkatkan pelayanannya, seperti jemput bola terhadap pelayanan isi paspor di tempat-tempat dimana masyarakat berada.

"Jemput bola ini kami lakukan di 5 Kabupaten kota, dengan langsung ke lokasi aktifitas masyarakat yang bersangkutan," Ungkap Joni.

Ia juga menegaskan, sebentar lagi Ditjenim akan melaunching terobosan dan inovasi diantaranya, M Paspor (Mobile Paspor) merupakan aplikasi pengganti APAPO (Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online), dan Cekal yang merupakan aplikasi hasil inovasi Direktorat Jenderal Imigrasi, dibuat untuk memudahkan para Aparat Penegak Hukum (APH) dalam mengajukan proses cekal.

"Semua terobosan dan inovasi ini akan kita kawal dan sebagai pelayanan teknis akan melaksanakan semua kebijakan tersebut di Provinsi Gorontalo," Imbuhnya. 

Joni Rumagit melanjutkan, selama Periode Januari Desember 2021, Kantor Imigrasi Kelas | TP| Gorontalo telah melaksanakan penerbitan paspor sebanyak 872 (delapan ratus tujuh puluh dua) terdiri dari 544 (lima ratus empat puluh empat) penerbitan Paspor Baru dan 328 (tiga ratus dua puluh delapan) penerbitan Paspor Penggantian.

Selama periode tersebut Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo telah melaksanakan 13 (tiga belas) layanan Eazy Passport yang merupakan inovasi Direktorat Jenderal Imigrasi datam pengurusan paspor secara kolektif, dengan jumlah pemohon terlayani sebanyak 303 orang.

Dalam hal Penerbitan Izin Tinggal bagi Warga Negara Asing, Kantor Imigrasi Kelas | TPI Gorontalo telah memberikan 961 (Sembilan ratus enam puluh satu) !zin Tinggal Kunjungan, 252 (dua ratus lima puluh dua) Izin Tinggal Terbatas dan 4 (empat) Izin Tinggal Tetap. 

"Terkait indakan Administratif Keimigrasian, Kantor imigrasi Kelas | TPI Gorontalo telah melaksanakan 2 (dua) Pendeportasian, yang pertama terhadap 1 (satu) Warga Negara Malaysia atas nama MD Kamaruddin Bin Mohd Nor pada 07 Juni 2021, kedua terhadap 1 (satu) orang warga negara Rumania atas nama Preda Aurelian pada 21 Desember 2021," Terangnya.

 Tindakan Administratif Keimigrasian lainnya yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Kelas | TP! Gorontalo berupa Pelarangan Berada di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas | TP! Gorontalo terhadap 1 (satu) orang Warga Negara RRC atas nama Li Hongfeng pada 02 November 2021. 

"Berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Kantor limigrasi Kelas I TPI Gorontalo ini sejalan dengan tema Hari Bhakti Imigrasi ke-72 Tahun 2022 yang mengangkat tajuk “Bangkitnya Pelayanan Revitalisasi Penegakan Hukum dan Keamanan Untuk Negeri," Pungkas Joni Rumagit.