Masyarakat Gelar Unjuk Rasa, Tuntut Bupati Gorontalo Selesaikan Masalah HGU Dungaliyo

Masyarakat Gelar Unjuk Rasa, Tuntut Bupati Gorontalo Selesaikan Masalah HGU Dungaliyo

GOSULUT.ID - Masyarakat Kecamatan Dungaliyo gelar unjuk rasa di depan kantor Bupati Gorontalo, guna meminta ketegasan Pemerintah Daerah dalam menyelesaikan sengketa lahan HGU, Selasa (21/07/2020).

Dalam orasinya masa aksi meminta ketegasan pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk menyelesaikan masalah HGU di Kecamatan Dungaliyo.

" Kami minta pemerintah daerah menegakkan keadilan di Kecamatan Dungaliyo, karena sebelumnya pemerintah mengeluarkan surat pada 6 juli 2020 untuk tidak ada aktivitas di atas HGU, namun surat itu tidak di indahkan, karena disana ternyata ada aktivitas. Untuk itu kami mempertanyakan keabsahan surat itu sah atau tidak, "ujar Ramli Mapo.

Menurut Ramli, Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo harus turun tangan, bagaimana masalah yang terjadi sudah bertahun-tahun itu selesai.

" Kami minta hentikan aktif di atas lahan HGU, juga tindas tegas oknum-oknum yang melakukan transaksi jual beli HGU di Dungaliyo, hari ini juga pemerintah harus turun menghentikan aktivitas di atas lahan,"tegasnya.

Sementara itu, Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan Doni Lahati mengatakan, untuk menyelesaikan masalah HGU Dungaliyo harus disatukan dulu 3 kelompok disana.

" Kalau kami melihat ada 3 kelompok yang bermain di HGU, dan pemerintah saat ini menempuh musyawarah mufakat, agar kita tidak menabrak aturan, karena kalau kita melanggar aturan maka kita akan berhadapan dengan proses hukum ,"ungkapnya di hadapan masa aksi.

Asisten II yang juga pernah menjabat Kepala Dinas Perkim itu, menegaskan sebelumnya dengan masyarakat sudah ada kesepakatan lewat musyawarah untuk lahan-lahan itu di bagi ke setiap penerima.

" Sebelumnya kami dengan masyarakat melakukan kesepakatan di atas materi, untuk HGU sistem pembagianya di serahkan ke pemerintah kecamatan, dan tadi kami di evaluasi lagi oleh pak bupati, dan laporan dari pak camat akan di adakan musyawarah tentang nama-nama penerima lahan. Dan silahkan tanya sama camat kapan musyawarahnya ,"tuturnya.***