Masyarakat Bisa Cek Nama Pada Daftar Pemberi Dukungan ke Caleg DPD RI

Masyarakat Bisa Cek Nama Pada Daftar Pemberi Dukungan ke Caleg DPD RI

GOSULUT.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada pelaksanaan pemilu tahun 2024 nanti memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin mengetahui apakah dirinya masuk dalam daftar yang memberikan dukungan terhadap orang yang mendaftar sebagai calon anggota DPD RI

"Pemilu tahun 2024 nanti berbeda dengan sebelumnya, kali ini KPU membuka peluang seluasnya kepada warga masyarakat apakah namanya masuk daftar pemberi dukungan kepada yang akan mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI sesuai keinginannya," ujar Anggota KPU RI Provinsi Gorontalo Hendrik Imran pada kegiatan Sosialisasi pencalonan anggota DPD RI pemilihan provinsi Gorontalo pada pemilu tahun 2024, Selasa (29/11/2022).

Lanjut dia kembali, bila masyarakat itu telah memastikan namanya masuk dalam daftar yang memberikan dukungan maka akan memberi tanggapan kepada calon anggota DPD RI bersangkutan.

"Setelah itu kita akan pertemukan dengan calon yang didukungnya itu apakah betul-betul yang bersangkutan atau masyarakat tersebut memberikan dukungan atau tidak," sambungnya.

Pada kegiatan sosialisasi itu juga dipaparkan kebijakan terkait Penyerahan dan Verifikasi Persyaratan Minimal Dukungan Pemilihan Bakal Calon Anggota DPD dan juga memperkenalkan Aplikasi Silon sebagai pendukung pelaksanaan tahapan pencalonan anggota DPD.

Penyampaian materi yang dilakukan dengan pemisahan kelas Komisioner dan Sekretariat melakukan pembahasan yang berbeda yaitu untuk kelas Komisioner adalah materi kebijakan sedangkan dalam kelas Sekretariat materi aplikasi.