Masalah Miras Harus Jadi Prioritas Kepala Daerah

Masalah Miras Harus Jadi Prioritas Kepala Daerah

GOSULUT.ID -DPRD - Masalah miras harus diseriusi oleh Pemerintah Daerah terutama bagi Kepala Daerah bila perlu menjadi program atau kebijakan prioritas dari Gubernur, Bupati dan Walikota.

"Masalah ini harus menjadi kebijakan utama, karena didalamnya ada keterlibatan manusia," ujar Adhan Dambea.

Menurut anggota DPRD Provinsi Gorontalo ini kepala daerah juga harus berperan dalam membangun dan membina moral manusia.

Ia mengatakan, kegiatan dalam memerangi miras jangan hanya menjadi agenda yang hanya sewaktu-waktu saja, misalnya diakhir tahun

"Bila perlu kegiatan melawan miras ini menjadi agenda yang rutin dilaksanakan," katanya

Adhan menambahkan, terkait peraturan daerah (perda) miras dari Pemerintah Provinsi Gorontalo yang menurutnya masih sangat lemah.


"Langkah awal kita adalah segera merevisi perda yang ada saat ini, dimana nantinya setelah kita konsultasi untuk pengawasan kita akan tingkatkan seperti larangan minum di dalam rumah atau di pinggir jalan," jelas mantan Walikota Gorontalo ini.

Disamping itu personil selain dari kepolisian kewenangan Satpol-PP akan makin diperkuat terutama dalam melakukan pengawasan dan monitoring dilapangan.

Aleg PAN ini juga menambahkan pada perda yang akan direvisi nantinya juga akan mengatur pemusnahan barang bukti (miras-red) yang selama ini belum diatur.

"Selama ini belum diatur, kita akan atur itu agar nantinya miras yang akan dimusnahkan sudah ada putusan tetap dari pengadilan agar tidak ada lagi proses hukum lanjutan," terang anggota Komisi I ini.

 

Editor: Harso Utiarahman