Marwan Warga Kabila: JKN-KIS, Program Biasa Manfaat Luar Biasa

Marwan Warga Kabila: JKN-KIS, Program Biasa Manfaat Luar Biasa

GOSULUT.ID - KESEHATAN - "Walaupun saya termasuk peserta yang ditanggung pemerintah, saya tidak merasakan dibedakan dengan pasien lain. Dokter dan perawat yang menangani saya ramah dan komunikatif. Jadi saya bisa dengan leluasa mengungkapkan rasa sakit yang saya rasakan. Terima kasih JKN-KIS, program ini kelihatan biasa saja namun manfaatnya luar biasa.” urai Marwan.

Warga Kabupaten Bone Bolango ini terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat segmen Penerima Bantuan Iuran.

Sehari-harinya bekerja sebagai petugas keamanan di sebuah kostan eksekutif yang terletak di Kota Gorontalo, pekerjaan sampingannya adalah abang bentor. Pekerjaan ini pasti rentan penyakit, hal ini dikarenakan jam kerja di malam hari belum lagi di siang hari harus mengemudikan bentor.

Ia menuturkan setiap harinya harus bekerja banting tulang untuk menafkahi keluarga, selagi halal pekerjaan apapun itu harus dilakoni. 

"Semua pekerjaan memiliki risiko, namun harus dilakukan karena apabila saya tidak bekerja anak-anak tidak bisa bersekolah," katanya.

Risiko sakit dan kecelakaan lanjutnya berada didepan mata, namun ia tetap merasa tenang 

"Karena saya serta keluarga sudah memiliki kartu JKN-KIS," Ujar Marwan saat ditemui tim Jamkesnews.

Diceritakan, suatu ketika ia sakit, dan diagnosa dokter adalah thypus dan harus dirawat di Rumah Sakit selama 7 hari. Selama menjalani pengobatan Marwan menggunakan kartu JKN-KIS, dan tidak mengeluarkan biaya apapun.

Dirinya bersyukur karena tidak pusing lagi dengan biaya pengobatan sehingga bisa fokus pada proses pengobatan hingga sembuh. 

"Sungguh berat apabila tidak memiliki kartu JKN-KIS, saya adalah tulang punggung keluarga apa jadinya jika saya sakit tidak bisa bekerja dan harus mengeluarkan biaya pengobatan. Sungguh beruntung karena saya sudah memiliki kartu JKN-KIS,” Tandas warga Desa Kabila ini.

 

Editor: Harso Utiarahman