Macron Masalah Bagi Perancis, Presiden Turki : Berharap Cepat Lengser

Macron Masalah Bagi Perancis, Presiden Turki : Berharap Cepat Lengser

GOSULUT.ID - Secara terbuka Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan sangat berharap Macron agar segera lengser, sebab hanya menimbulkan banyak masalah bagi Prancis. 

Menyadur AL Jazeera Minggu (06/12), hal ini ia ungkapkan pada wartawan sesaat setelah selesai salat Jumat.

Erdogan menggambarkan Macron sebagai beban bagi Prancis dan dia berharap Prancis akan menyingkirkan Presidennya dalam waktu dekat.

"Macron hanya membebani Prancis. Macron dan Prancis sebenarnya sedang mengalami periode yang sangat berbahaya. Harapan saya, Prancis menyingkirkan masalah Macron secepat mungkin," ujar Erdogan.

Hubungan antara Turki dan Prancis sangat tegang dalam beberapa bulan terakhir karena perbedaan kebijakan di Suriah dan penerbitan karikatur Nabi Muhammad di Prancis.

Semenjak saat itu, dua presiden ini selalu saling serang dan terlibat dalam perang kata-kata.

Pada bulan Oktober Macron mengatakan Islam adalah agama yang krisis secara global. Hal tersebut membuat Erdogan mengajak semua umat Muslim di seluruh dunia untuk memboikot produk Prancis.

Pada bulan yang sama, Erdogan mengatakan Macron sebagai 'mitra dari Prancis yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan mental' atas sikapnya terhadap Muslim.

Perang ini meluas di segala lini hingga Ankara dan Paris saling tuduh tentang peran mereka dalam beberapa konflik seperti perang Armenia - Azerbaijan, bentrokan di krisis Libya dan konflik antara Yunani dan Turki tentang hak eksplorasi Mediterania Timur.***

#Editor : Mnt