Linmas Menjadi Mitra Pemerintah Mengendalikan Keamanan

Linmas Menjadi Mitra Pemerintah Mengendalikan Keamanan
Linmas Menjadi Mitra Pemerintah Mengendalikan Keamanan

Limboto - gosulut.id -  Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo menegaskan, kehadiran satuan perlindungan masyarakat (Linmas) di wilayah kecamatan,desa dan dusun merupakan mitra pemerintah.

"Linmas merupakan mitra pemerintah, baik pemerintah desa,kecamatan,hingga tingkat Kabupaten, bahkan linmas juga sebagai mitra aparat kepolisian ditingkat polsek,mitra babinsa dan koramil, dalam mengendalikan keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat," Ujar Bupati Nelson

Dalam kesempatan itu, Bupati Kab Gorontalo Prof Nelson Pomalingo, berharap pembinaan dan penguatan kapasitas peran dan fungsi satlinmas, dapat mewujudkan kondisi yang aman dan tertib menuju masyarakat madani se kecamatan telaga Cs, ungkapnya di aula kantor camat Telaga Biru, senin(19/11).

Nelson menambahkan, Bahwa keamanan dan ketertiban, kunci utama dari kehidupan masyarakat pada umumnya, masyarakat tidak hanya butuh makan, butuh sehat, gedung dan jalan akan tetapi  butuh kenyamanan. Oleh karena itu dengan kehadiran Linmas menjadi mitra pemerintah sebagai ujung tombak keamanan di desa. "Saya punya keyakinan besar kalau Desa aman,Kecamatan aman,maka  kabupaten juga akan aman,"Tuturnya

Nelson Pomalingo menambahkan, dasar pembentukan dan penguatan linmas, karena tahun depan pas momentumnya pelaksanaan  pemilihan Presiden dan Legislatif. Nantinya Linmas akan bentuk berdasarkan jumlah TPS, agar linmas dapat melaksanakan kegiatan untuk memperkecil tingkat gangguan kamtibmas, ungkap Nelson di akhir sambutannya.

Sementara itu Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gorontalo Udin Pango menambahkan, pembentukan linmas di tiga kecamatan yakni kecamatan telaga biru,tilango dan kecamatan telaga jaya berjumlah 122 orang,  bukan saja bertugas di TPS namun membantu tugas pemerintah desa. "Baik itu penangan bencana, pengamanan,ketertiban dan ketenraman masyarakat di tingkat desa," Tandas udin Pango. (IH-04)