Legislatif dan Eksekutif bersepakat KUA PPAS 2020

Legislatif dan Eksekutif bersepakat KUA PPAS 2020

 

Biro Boltim : Gazali Ligawa
Editor : Kamal Babay

www.gosulut.id - Boltim - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Provinsi Sulawesi utara, menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka penandatanganan nota untuk kesepakatan Kebijakan (KUA). Dan Prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) tahun anggaran 2020, di ruang sidang kantor DPRD  Boltim, rabu (28/08) malam kemarin.

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Boltim yaitu Marsaoleh Mamonto dan dihadiri anggota DPRD, Bupati Sehan Landjar, Wakil Bupati Rusdi Gumalangit, Sekretaris Daerah Muhammad Assagaf, dan pimpinan SKPD.

"Rapat paripurna penandatanganan nota kesepakatan KUA PPAS, tahun anggaran sudah berdasarkan rapat badan musyawarah DPRD Boltim,"kata Marsaoleh Mamonto.

Anggota Badan Anggaran DPRD Boltim,  Sofyan Alhabsyi dalam penyampaiannya mengatakan, bahwa Kebijakan Umum Anggaran (KUA), merupakan dokumen yang memuat kebijakan bidang pendapatan, belanja dan pembiayaan serta asumsi yang mendasari periode satu tahun penjabaran dari rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). untuk selanjutnya menjadi acuan dalam penyusunan PPAS.

Sedangkan PPAS merupakan program prioritas sebagai patokan pemberian anggaran bagi SKPD sebagai acuan penyusunan RKA SKPD."terang Alhabsyi.

Sambil menambahkan hasil pembahasan KUA dan PPAS ini nantinya 
menjadi pedoman utama DPRD dan Pemerintah Daerah dalam penyusunan rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)  tahun anggaran 2020.

Bupati Sehan Landjar dalam sambutanya mengatakan, KUA PPAS tahun anggaran 2020, merupakan landasan yang hendak dilaksanakan dan ditata dalam rancangan APBD tahun anggaran 2020.

Kerja keras Pimpinan dan anggota DPRD dan tim anggaran pemerintah daerah diharapkan kesinambungan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan dapat berjalan sesuai tahapan, mekanisme, jelas Sehan Landjar.

Dia berharap, tahapan demi tahapan dalam proses pembahasan dapat berjalan dinamis sehingga menghasilkan perencanaan penganggaran yang baik. 

"Tentunya ini merupakan harapan kita semuanya. Saya mengapresiasi bagi Pimpinan dan anggota DPRD yang telah memberi sumbangsih pemikiran dan koreksi konstruktif untuk penyempurnaan pennyusunan rancangan KUA PPAS tahun anggaran 2020," ujar Sehan Landjar.***