KPU Provinsi Gorontalo Sosialisasikan PKPU Nomor 7 Tahun 2022

KPU Provinsi Gorontalo Sosialisasikan PKPU Nomor 7 Tahun 2022

GOSULUT.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menggelar sosialisasi Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2022 tentang penyusunan daftar pemilu dan penyelenggaraan pemilihan umum Sistem informasi data pemilih di Hotel Citymall, Kota Gorontalo, Selasa (22/11/2022).

Anggota KPU Provinsi Gorontalo Sophian M. Rahmola menuturkan, kegiatan ini bertujuan sebagai penyebaran informasi kepada stakeholder terkait tentang aturan terkini sehingga dapat diketahui secara luas masyarakat di provinsi Gorontalo.

"Kami (KPU) berharap melalui sosialisasi ini masyarakat dapat mengetahui dan paham terhadap PKPU ini," ujarnya.

Ada beberapa hal yang saat ini telah berubah seperti penyelenggaraan Pemilu dalam negeri dan luar negeri masih sendiri-sendiri saat ini telah digabung.

"Ini demi penyederhanaan regulasi dengan pengaturan dan kebijakan yang lebih komprehensif kemudian efisiensi dan efektivitas proses penyusunan daftar pemilih," sambungnya.

Dikatakan juga, dalam penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 nanti, KPU melakukan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih secara de jure.

"Kalau dalam negeri berdasarkan KTP-el (eletronik) atau KK (kartu keluarga), sedangkan luar negeri yakni Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) dan KTP-el serta KK," cetusnya.