KPU Kota Gorontalo Sosialisasi Dua Rancangan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD

KPU Kota Gorontalo Sosialisasi Dua Rancangan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD

GOSULUT.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo menyiapkan dua rancangan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi DPRD Kota Gorontalo pada Pemilu Legislatif tahun 2024.

"Alokasi kursi untuk DPRD Kota Gorontalo pada pemilu tahun 2024 nanti bertambah karena ini merujuk pada ketentuan terhadap bil jumlah penduduk 200 ribu sampai 300 ribu, maka jumlah kursi menjadi 30 dari 25 kursi saat ini. Maka terkait penataan dapil terjadi pergeseran sehingga kami diminta oleh KPU RI untuk mengajukan dua rancangan dapil," ungkap Ketua KPU Kota Gorontalo, Sukrin Saleh Taib, Rabu (23/11/2022).

Dikatakan, sebagai rancangan pertama tetap merujuk pada pemilu tahun 2019 tapi ada penambahan disejumlah Dapil, yakni Dapil 1 (Kota selatan, Hulontalangi) tetap 5 kursi, Dapil 2 (Kota Barat, Dungingi) menjadi 8 kursi, Dapil 3 (Kota Tengah, Sipatana) menjadi 10 kursi dan Dapil 4 (Kota Timur, Dumb raya) menjadi 7 kursi, sehingga Total 30 kursi.

Pada rancangan kedua lanjut Sukrin, terjadi perubahan dapil sebagaimana usulan KPU kota Gorontalo. Dapil 1 menjadi kota selatan, Hulontalangi dan Dumbo raya, jumlah 8 kursi. Dapil 2 tetap, yaitu kota barat, dungingi dengan kursi 8, dapil 3, kota tengah, sipatana alokasi 7 kursi dan dapil 4, kota timur, dan kota utara jumlah kursi 7.

Ditegaskan, rancangan dapil tetap memperhatikan dan mengutamakan semua prinsip baik kesetaraan nilai suara, kesinambungan, proporsional dan seterusnya.

"Rancangan ini telah kami sampaikan ke KPU RI dan tahapan hari ini adalah kami mengundang pimpinan partai politik dan media sebagai bentuk sosialisasi dan pengumuman terkait dua rancangan ini sekaligus kedepan kami akan lakukan uji publik guna meminta masukan, tanggapan dan saran, kemudian kami menunggu keputusan final dari KPU RI terhadap dua rancangan yang diajukan terangnya.