Koperasi Seharusnya Menggarap Pelaku UMKM Ditengah Pandemi covid-19

Koperasi Seharusnya Menggarap Pelaku UMKM Ditengah Pandemi covid-19

GOSULUT.ID - DPRD - Dampak pandemi covid-19 yang saat ini melanda bangsa Indonesia sangat mempengaruhi semakin buruknya aktifitas perekonomian para pelaku usaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), khususnya di Provinsi Gorontalo.

"Sehingga (corona-red) banyak para pelaku usaha yang telah 'banting stir' atau merubah profesi," Ungkap Espin Tulie saat menjadi narasumber pada kegiatan Diklat Kewirausahaan Koperasi Se - Provinsi Gorontalo Tahun 2020 bertempat di Hotel Magna, Kota Gorontalo. Kamis (13/8/2020).

Lebih lanjut Ketua Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo ini mengatakan, situasi ini 'memaksa' para pelaku usaha tersebut agar bisa memperoleh penghasilan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga.

Menurutnya, kondisi ini seharusnya dapat menjadi peluang dan dimanfaatkan oleh koperasi agar bagaimana para pelaku usaha bisa produktif bahkan bisa meraup keuntungan.

Ia menuturkan, sebenarnya banyak peluang yang bisa digarap oleh koperasi misalnya bahan pangan, budidaya udang, perikanan tangkap, buah tropis, sektor teknik, sektor jasa, mesin olahan perkebunan, ikan laut, dan makanan dengan kuliner halal yang menjadi trend.

"Saya yakin dengan memanfaatkan situasi saat ini, Koperasi dapat mereflesikan gerakan ekonomi kerakyatan yang budaya dan kopetitif dalam sistim perekonomian diprovinsi Gorontalo," tandasnya.

Editor: Harso Utiarahman