Kontribusi Tenaga Ahli Menopang Kinerja DPRD

Kontribusi Tenaga Ahli Menopang Kinerja DPRD

GOSULUT.ID - Adanya peran tenaga Ahli di DPRD Provinsi Gorontalo perlu ditingkatkan dalam menunjang seluruh kegiatan sesuai tupoksinya dalam rangka memberi penguatan terhadap peran lembaga dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Hal ini diungkapkan Sekretaris DPRD Provinsi Gorontalo yang diwakili Kepala Bagian Pengawasan dan Penganggaran Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo Moh Zahda Panigoro, BA, saat memimpin Rapat Kerja bersama tenaga ahli dalam rangka pengarahan untuk optimalisasi kinerja tenaga ahli di tahun 2021, Senin (25/01/2021).

"Poin penting dengan adanya keberadaan tenaga ahli diharapkan dapat berkontribusi aktif dalam pelaksanaan tiga fungsi yakni anggaran, pembentukan peraturan daerah, dan pengawasan," ujarnya.

Dijelaskan, nenurut PP Nomor PP 12 tahun 2018 tentangPedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota dikatakan bahwa Sekretariat DPRD menyediakan sarana, anggaran, dan tenaga ahli guna kelancaran pelaksanaan tugas fraksi sesuai dengan kebutuhan.

"Tenaga ahli dibutuhkan untuk lebih membantu dan menopang kerja dan kegiatan-kegiatan parlemen dalam menyiapkan data, analisis, merumuskan problematik-problematik, dan memberi bobot intelektualitas terhadap isu dan masalah yang sedang dibahas parlemen," pungkasnya.