Komunitas Kambers Dan Pasukan Hijau Serta Adipura

Komunitas Kambers Dan Pasukan Hijau Serta Adipura

GoSulut - Jakarta - Kabupaten Gorontalo Menjadi salah satu kabupaten/Kota di Indonesia yang menerima penghargaan Piala Adipura tahun edisi 2017-2018  untuk kategori kota kecil.

Penghargaan yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) itu, diterima Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo, Senin (14/1).

Penyerahan Penghargaan Adipura diserahkan langsung oleh wakil presiden Yusuf Kala di gedung Manggala Wana Bakti Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI

“Penghargaan ini tidak lepas dari partisipasi dan kontribusi seluruh Masyarakat Kabupaten Gorontalo lebih khusus peran serta Komunitas Kambungu beresi dan Petugas Kebersihan” Ungkap Nelson saat disambangi usai kegiatan penerimaan penghargaan di Jakarta.

Komunitas Kambungu beresi setiap minggu melaksanakan kebersihan lingkungan dan penanaman pohon disetiap desa secara bergilir di Wilayah Kabupaten Gorontalo.

”Ini merupakan inisiatif positif demi menjaga kerusakan lingkungan sekitar. Kambungu beresi atau kampung bersih dan indicator peradaban adalah kebersihan,”Tukas Nelson Pomaligo

Nelson menuturkan, patut diapresiasi komitmen kambungu beresi yang setiap minggu berbondong-bondong membantu Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gorontalo membersihkan wilayah di daerah ini. Demikian juga pada pasukan hijau  yang juga setiap hari, dari pagi sudah berada di lapangan mebersihan kota limboto dan sekitarnya.

”Intinya kambungu beresi dan pasukan hijau benar-benar telah memberikan kontribusi bagi daerah ini hingga meraih penghargaan dalam bidang lingkungan yakni adipura” Ucap Nelson Pomalingo.

Sementra itu perwakilan Komunitas Kambungu Beresi Sugandi Hamsah menyampaikan bahwa penghargaan adipura yang diperoleh pemerintah Kabupaten Gorontalo membuatnya bangga.

“Ini menambah semangat dan dapat meningkatkan semangat kambungu beresi. Namanya persoalan lingkungan harus kita lakukan, yang terbaik karena menyangkut didalamnya hal-hal vital mengenai kehidupan manusia itu sendiri ”Kata Sugandi Hamzah

Hari ini kita melakukan penanaman, maka berarti kita melakukan sedekah bagi regenerasi kedepan.

“Kegiatan kambungu beresi selain memperhatikan lingkungan, namun juga manfaatnya bagi masyarakat adalah peningkatan ekonomi itu sendiri, karena kita berkunjung ke desa-desa dan secara otomatis siklus perekonomian berputar disana,” Jelas Sugandi Hamzah.