KOMNASHAM RI Gelar FGD Di Kotamobagu

KOMNASHAM RI Gelar FGD Di Kotamobagu

Liputan Wartawan : suci wulandari

Editor : Mnunu Tangguda

 

 

 

GoSulut.ID – Kotamobagu - Institut Agama Islam (IAI) Kotamobagu dan Aliansi Masyarakat Adat Bolaang Mongondow (AMABOM) bekerja sama dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNASHAM) Republik Indonesia (RI) Bagian Dukungan Pelayanan dan Pengaduan menggelar Fokus Group Diskusi (FGD) yang dilaksanakan Di Kampus Institut Agama Islam(IAI) Kotamobagu ,kamis (18/07).

Kegiatan ini mengangkat tema "Pos penerimaan Konsultasi Dan Pengaduan Pro Aktif Di Daerah". Bertindak selaku moderator dalam diskusi ini, Harianto Simbala.

Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM KOMNASHAM RI Gatot Tristanto dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan KOMNASHAM ini merupakan untuk menjangkau wilayah yang masih kurang pengaduannya yang mungkin tidak memiliki akses untuk pengaduan atas pelanggaran Hak Asasi Manusia, khususnya Di kotamobagu dan Bolmong Raya pada umumnya.

"Kehadiran Kami untuk menjangkau daerah yang kurang Kasus Ham nya, yang bisa disebabkan karena tak ada tempat pengaduan untuk masalah masalah HAM. Maka Kami mendekatkan diri untuk dapat memberikan akses pada masyarakat untuk pengaduan masalah HAM,"Sambungnya.

Tristanto juga menambahkan, sesunguh-nya kami sudah yang kedua kalinya berada Di Daerah Bolmong ,yang pertama kasus bencana Bakan dan yang kedua kalinya adalah di FGD ini.

"Tiap tahunnya KOMNASHAM menerima pengaduan, namun tidak semua dapat masuk dalam kategori pelanggaran HAM, bagi masyarakat yang akan mengadu atas masalah pelanggaran HAM agar laporan memenuhi unsur unsur materil pelanggaran HAM," tutup Tristanto.

Sementara itu Ketua AMABOM Drs. Hi. ZA Jemmy Lantong menyampaikan, kegiatan ini memberi dampak positif dalam menyelesaikan masalah masalah HAM yang ada Di Bolaang Mongondow Raya.

"Saya ucapkan terima kasih ke pihak KOMNASHAM atas kesempatannya yang kedua kalinya mengunjungi Tanah BOLMONG dan semoga pos pengaduan permasalahan HAM bisa direalisasikan Di Daerah BOLMONG Raya.

Hadir dalam kegiatan ini Plh Rektor IAI Kotamobagu Hi. Syam Mokoginta S.Ag. M.Si, Ketua Aliansi Masyarakat Adat Bolaang Mongondow(AMABOM) Raya Drs. Hi.ZA Jemi Lantong serta para peserta dari kalangan LSM, Awak Media, Mahasiswa dan Tokoh Masyarakat.