Komisi II Pantau Pemanfaatan Brigade Alsintan, Wasito Minta Petani Dapat Menjaganya

Komisi II Pantau Pemanfaatan Brigade Alsintan, Wasito Minta Petani Dapat Menjaganya

GOSULUT.ID - DPRD - Keberadaan Brigade Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) sebagai pengelola dan pengendali distribusi pemanfaatan alat mesin pertanian sangat membantu dalam mendukung meningkatnya produksi.

Namun menurut Wasito Somawiyono, pemanfaatannya diharapkan dapat dibarengi dengan perawatan yang kontinyu agar alsintan bisa terus digunakan tanpa mengalami kendala.

"Adanya alat-alat pertanian ini dapat menghemat waktu dan anggaran bagi para petani ketika melakukan penggarapan. Namun disatu sisi akan menjadi hambatan ketika alat yang digunakan mengalami kerusakan," Ungkap anggota Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo ini saat kunjungan ke brigade Alsintan di Kabupaten Gorontalo dan Boalemo. Kamis (27/8/2020).

Menurutnya, Dinas Pertanian sebagai pengelola harus secara rutin melakukan pengaturan pemanfaatannya juga pengecekan kondisi mesin secara periodik.

Aleg Golkar ini juga mengharapkan kepada para petani selaku pengguna dapat menjaganya dengan sebaik-baiknya agar usia alsintan dapat dimanfaatkan dalam waktu lama sehingga hasil dan produksi pertanian dapat terus stabil dan meningkat dari waktu ke waktu.

"Meski fasilitas ini adalah milik pemerintah, kami komisi II berharap agar petani dapat menjaga alat dan mesin pertanian ini sebagaimana milik sendiri," Tandas Wasito.

Editor: Harso Utiarahman