Komisi I: Tuntas Pembebasan Lahan, Kakanwil BPN Sulut Patut Jadi Acuan

Komisi I: Tuntas Pembebasan Lahan, Kakanwil BPN Sulut Patut Jadi Acuan

GOSULUT.ID - DPRD - Pembangunan Jalan Tol kota Manado sampai kota Bitung dinilai sangat berhasil tanpa menimbulkan masalah terutama dalam hal pembebasan lahan.

Hal ini bagi Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo menjadi acuan dan patut menjadi contoh bagi Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam melaksanakan proyek-proyek dengan melibatkan peran seluruh stakeholder terkait.

"Baik pembangunan jalan tol tadi dan proyek-proyek lainnya dinilai telah berhasil melalui proses yang begitu panjang dan melibatkan seluruh pihak mulai dari pemerintah, Kakanwil BPN, Kejaksaan, Kepolisian serta OPD terkait lainnya," Ungkap Ketua Komisi I, AW Thalib saat melakukan kunjungan kerja ke Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Utara. Kamis (17/9/2020).

Ia melanjutkan, pihak-pihak tersebut tidak henti-hentinya terus melakukan koordinasi, pertemuan atau rapat-rapat pembahasan, serta melakukan sosialisasi.

"Dan mereka sampai saat ini secara rutin terjun langsung ke lapangan untuk memonitoring pelaksanaan proyek-proyek yang sementara dikerjakan oleh pihak ketiga," Ujar Aleg PPP ini.

AW Thalib menambahkan, olehnya baik Komisi I dan Kakanwil bertukar pikiran serta sharing pengalaman utamanya ganti rugi kepemilikan tanah dari masyarakat yang permasalahannya bervariasi.

"Kita saling share baik pikiran-pikiran, solusi yang Inti pokoknya dalam menangani persoalan ganti rugi kepemilikan lahan," tandasnya.

Kunjungan Komisi yang membidangi Hukum dan Pemerintahan ini diterima langsung Kakanwil BPN SULUT Bapak Freddy A. Kolintama, ST, M.Si beserta Jajarannya.

Pertemuan tersebut turut dihadiri aleg komisi I lainnya, yakni Siti Nurain Sompi (Gerindra), Irwan Mamesah (PKS), Fikran az Salilama (Golkar), Yuriko Camaru (Nasdem), Oktoharo Dalanggo (Golkar), dan Ance Robot (PDI-P).

Editor: Harso Utiarahman