Komisi 4 Kunker ke Kantor Bahasa, Adnan: Sinkronisasi dan Penguatan Program

Komisi 4 Kunker ke Kantor Bahasa, Adnan: Sinkronisasi dan Penguatan Program

GOSULUT.ID - Komisi 4 DPRD Provinsi Gorontalo yang membidangi IPTEK dan Kesejahteraan Sosial terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan mitra terkait, salah satunya dengan Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo.

Salah satu anggota Komisi, Adnan Entengo menyampaikan, beberapa agenda yang dilaksanakan yakni melakukan kunjungan kerja.

"Hari ini kami (Komisi 4) kunker ke Kantor bahasa dalam rangka terus membina silaturahmi serta membangun komitmen dan koordinasi," ujarnya, Selasa (24/03/2021).

Aleg PKS ini menyampaikan, kantor adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Keberadaannya lanjut Adnan, diharapkan dapat meningkatkan penggunaan dan memasyarakatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

"Tidak itu saja, kantor ini dapat meningkatkan dan melestarikan bahasa Gorontalo sebagai bahasa daerah serta bahasa asing," sambungnya.

Instansi tersebut memiliki komitmen agar penggunaan bahasa bisa digunakan secara proporsional dengan membutuhkan kerjasama, kampanye dan propaganda.

Tidak kalah penting Adnan menekankan, adanya Peraturan Daerah yang terkait pelestarian bahasa, sehingga bisa sinkron dengan tupoksi dan peran Kantor Bahasa tersebut.

"Ini tentu saja perlu sinkronisasi agar pelestarian bahasa di provinsi Gorontalo terus ada penguatan-penguatan sehingga penggunaan bahasa terus meningkat di masa mendatang khususnya kepada generasi muda," tekannya.