Komisi 3 dan Bupati Bolmut Bahas Penanganan Bersama Sungai Andagile

Komisi 3 dan Bupati Bolmut Bahas Penanganan Bersama Sungai Andagile

GOSULUT.ID - Komisi 3 DPRD melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (24/02/2021).

Kunjungan Komisi yang membidangi Perencanaan dan pembangunan ini, dipimpin Thomas Mopili dan diterima langsung Bupati Deprie Pontoh, SE, di dampingi Wakil Bupati Drs. H. Amin Lasena dan Kepala Dinas PU serta sejumlah pejabat terkait. 

Kegiatan ini dalam rangka penanganan dan mengkoordinasikan Sungai Andagile yang menjadi batas alam antara wilayah antara. Provinsi Sulut dan provinsi Gorontalo.

Thomas menyampaikan, sungai ini sudah sangat mendesak untuk ditangani karena setiap tahunnya menimbulkan banjir yang dampaknya turut dirasakan masyarakat di Gorontalo Utara.

"Dari tahun ke tahun, sungai ini meluap dan menimbulkan banjir, dan warga Gorut yang selalu merasakan dampaknya," ujarnya.

Terkait hal tersebut, Aleg Golkar ini berharap agar perlu ada koordinasi dan sinergitas dalam melakukan penanganan banjir yang ditimbulkan okeh sungai Andagile.

"Ini juga agar supaya alokasi APBN yang relatif terbatas dapat digunakan secara efektif dan efisien," sambungnya.

Sementara itu Bupati Bolmong Utara Deprie Pontoh menjelaskan Sungai Andegile telah di tetapkan oleh pemerintah pusat sbg salah satu Lokpri (lokasi prioritas) yang mendapatkan perhatian serius untuk penanganannya.

Ia sangat menyambut gembira keinginan komisi 3 yang menggagas penanganan secara bersama sungai Andagile.

"Kolaborasi dan kerjasama antara dua kabupaten di perbatasan wilayah sangat penting guna menyelamatkan masyarakat kedua daerah dari bencana rutin tahunan," tutupnya.