Komisi 2 Monitoring Program Listrik Masuk Desa

Komisi 2 Monitoring Program Listrik Masuk Desa

GOSULUT.ID - Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo membidangi Ekonomi dan Keuangan melakukan Kunjungan Kerja (kunker) ke Desa Bumela Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Rabu (23/9/2020).

Kunker ini dipimpin langsung Ketua Komisi II, Espin Tulie diiktui sejumlah anggota yakni Wasito Somawiyono Usman Tahir Rajak, dan Indri Dunda serta pendamping.

"Agenda kami ini dalam rangka melakukan monitoring dan peninjauan langsung realisasi dari pemanfaatan program listrik masuk desa," Ujar Wasito

Ia menyampaikan, ini juga untuk mengevaluasi seberapa besar realisasi program tersebut kepada masyarakat yang hingga saat ini belum menikmati jaringan listrik, baik keluarga mampu maupun tidak mampu.

Lebih lanjut dikatakan, ditahun 2020 ini anggaran untuk pemasangan listrik tidak semua terealisasi karena sebagaimana diketahui bersama, hal ini diakibatkan wabah pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia terutama di Provinsi Gorontalo.

"Adanya Pandemi saat ini, mengharuskan pemerintah harus memprioritaskan alokasi anggaran untuk penanganan dan pencegahan menularnya wabah Corona sehingg berdampak pada realisasi program tersebut," Jelas Aleg Golkar ini.

Wasito mengharapkan kepada pemerintah setempat agar pendataan terhadap masyarakat atau keluarga yang belum terpasang jaringan listrik benar-benar dilakukan dengan teliti sesuai dengan kondisi rill dilapangan.

"Verifikasi terhadap warga harus sesuai data yang rill sesuai KK, NIK, DTKS, agar program listrik masuk desa bisa tepat sasaran, karena dari pusat juga telah dialokasikan 6000 pemasangan listrik pada tahun 2020," Pungkasnya.

Editor: Harso Utiarahman