Kombes Pol Budi Samekto: Tindakan Penanganan Narkoba Sasaran Utama Terhadap Pengedar

Kombes Pol Budi Samekto: Tindakan Penanganan Narkoba Sasaran Utama Terhadap Pengedar

GOSULUT.ID – Peredaran dan penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional yang dipandang serius oleh pemerintah, karena dapat menyebabkan rusak moral bangsa.

Untuk itu, pemerintah sangat memberikan perhatian terhadap penanganan atas penggunaan narkoba. Pasalnya penyalahgunaannya semakin lama makin meningkat dan efek domino dari barang haram tersebut juga semakin beragam serta usaha untuk mengatasinya merupakan langkah yang tidak mudah untuk dilaksanakan.

Penyalahgunaan adalah orang yang menggunakan narkotika tanpa hak atau melawan hukum. Ketika seseorang melakukannya secara terus menerus, maka akan berada pada keadaan ketergantungan pada narkotika baik secara fisik maupun psikis.

Oleh sebab itu, menurut Direktur Reserse Narkoba Polda Sulut Kombes Pol Budi Samekto mengatakan, tindakan yang dilakukan oleh ditres narkoba Polda Sulut merupakan tindak lanjut sasaran penanganan, bukan hanya pada pengguna narkoba, tetapi juga sasaran utama pada pengedarnya dengan berbagai jenis zat adiktif. 

"Seperti zat adiktif narkotika dan psikotropika. Adapun zat adiktif narkotika yaitu ganja, kokain heroine, tembakau dan methadone. Sedangkan psikotropika yakni halusinogen, stimulant, depresant, serta barbiturat," kata Kombes Pol Budi Samekto.

Budi menjelaskan, bahwa untuk zat adiktif adalah zat terkandung di dalam obat dan bahan aktif yang menyebabkan ketergantungan. Dampaknya menjadi kecanduan dan membuat tubuh ingin mengkonsumsi terus menerus, saat mencoba berhenti mengkonsumsinya, maka tubuh akan merespon dengan merasa cepat lelah, rasa tidak nyaman serta muncul rasa sakit yang luar biasa.
 
Terakhir, ia menambahkan, untuk angka pengguna narkoba tergantung pada aparat penegak hukum. Apabila penanganannya  aktif tentu angkanya turun, tetapi kalau penanganannya pasif tentu akan naik.

"Kami harap agar masyarakat lebih mengetahui akan berbagai macam dampak buruk narkoba, serta memiliki pergaulan baik dan jauhkan pergaulan yang bisa mengantarkan pada Penyalahgunaan narkotik. Tetapi, paling utama harus lebih bertakwa pada tuhan yang maha esa," tambahnya.(YH)