Kolaborasi Kelurahan Bongohulawa Dan Kambers , Mendapat Apresiasi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo

Kolaborasi Kelurahan Bongohulawa Dan Kambers , Mendapat Apresiasi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo

GOSULUT.ID - Lewat giat yang dilakukan pemerintah Kelurahan Bongohulawa dan komunitas Kambungu Beresi (Kambers) Bupati Gorontalo menaruh apresiasi yang sangat besar.

Karena walaupun ditengah pandemi covid-19, upaya preventif terus dilakukan oleh Kambers disetiap Kelurahan maupun Desa yang ada di wilayah Kabupaten Gorontalo.

Lewat kesempatan ini, Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo menyampaikan, dirinya merasa gembira dengan apa yang dilakukan oleh Kepala Kelurahan Bongohulawa dan Komunitas Kambers.

" Walaupun covid-19 mulai redah, namun norma perilaku baru tetap dijalankan, seperti memakai masker, penyemprotan disinfektan, kebersihan lingkungan terus kita lakukan,"ujarnya, Sabtu (27/06/2020).

Menurutnya, dengan gerakan Kambers yang konsisten dirinya merasa senang, dengan begitu Kelurahan Bongohulawa rencanaya dijadikan sebagai kawasan wisata yang membudidayakan kelapa emas (bongo pini).

" Ini kegiatan berkelanjutan, bahkan hari ini kita mencanangkan penanaman bongo pini, nanti dibantu dinas pertanian wilayah Kelurahan Bongohulawa ini jadi icon kelapa ini," ucap Nelson.

Lebih lanjut, Nelson berharap penanaman kelapa jenis bongo pini itu benar-benar dilakukan, sehingga menunjang untuk jadi satu kawasan wisata, karena mengingat di wilayah Bongohulawa ada beberapa spot wisata.

" Tempat ini jadi kawasan wisata, ada perkemahan, sirkuit dan lainnya sehingga orang yang datang melihat ada estetikanya serta ada nilai ekonomis, sambil ini juga sebagai pelestarian budaya karena kelapa ini termasuk kelapa adat di Gorontalo, " tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Wijaya Mobonggi mengatakan, penanaman pohon kelapa kuning (bongo pini) itu merupakan arahan Bupati Gorontalo.

" Karena ini menjadi ciri khas kita, bahkan Kelurahan ini diambil dari kelapa ini yang menjadi Bongohulawa," ungkapnya.

Wijaya, juga menuturkan lewat kesempatan ini pihaknya berkolaborasi dengan Komunitas Kambungu Beresi dalam menanam pohon kelapa itu.

" Sehingga, hari ini terlaksana penanaman pohon kelapa kuning ini, bahkan bukan hanya penanaman tapi juga ada penyerahan bantuan dari tim gugus tugas Kelurahanuntuk para lansia dampak covid-19,"tutupnya.***

Editor : ALWIN IBRAHIM