Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Rasyid Sayiu : 4798 Kotak Suara Selesai Di Rakit

Ketua KPU Kabupaten Gorontalo  Rasyid Sayiu :  4798 Kotak Suara  Selesai Di Rakit

Laporan Wartawan  WWW.GOSULUT.ID, Fandiyanto Pou

 

 

Gosulut.id – limboto -  Pemilihan umum (Pemilu) merupakan salah satu cara dalam sistem demokrasi untuk memilih wakil-wakil rakyat yang akan duduk di lembaga perwakilan rakyat, serta salah satu bentuk pemenuhan hak asasi warga negara di bidang politik, dengan menganut asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Guna mensukseskan agenda besar yang di lakukan secara bersamaan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres), maka seluruh Komisioner KPU Kabupaten Gorontalo terus bergerak dalam devisi masing masing dengan mengikuti tahapan pemilu yang ada, agar pelaksanaan pemilu 17 April 2019 sukses.               

Pemilu yang tinggal kurang lebih 2 bulan pelaksanaanya, KPU Kabupaten Gorontalo saat ini tengah mempersiapkan segala-nya, termasuk persiapan logistic, khusus untuk kotak suara terus di kerjakan, jelas Ketua KPU Rasyid Sayiu di ruang kerjannya, senin (11/2)

Kotak suara yang ada berjumlah 5 ribu lebih, sudah selesai di rakit oleh staf KPU Kabupaten Gorontalo sekitar sepekan yang lalu. Dalam perakitan sekaligus penyortiran kotak suara yang rusak, akan dicatat dan dilaporkan pada KPU RI.

”Jumlah kotak suara rusak menurut data di peroleh, sekitar 17 kotak suara, ada yang rusak berat dan  ringan, secara pasti penyebab kerusakan kotak tidak kami ketahui, bisa saja saat pegepakan atau pengangkutan ke kontener ” Terang Rasyid Sayiu  

Namun setiap kotak suara yang rusak atau logistic tidak memenuhi syarat, akan di ganti oleh KPU RI, tapi perlu di ketahui oleh teman teman wartawan, kotak yang sudah selesai di rakit, baru sekitar 4798.

“ Sedangkan untuk surat suara, masih menunggu, sebab belum di cetak oleh pemenang tender ” Ujar Ketua KPU Rasyid Sayiu***