Kaum Defabel Menjadi Target PKK

Kaum Defabel Menjadi Target PKK
Kaum Defabel Menjadi Target PKK

Limboto – gosulut.id - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo serius mengangkat nasib kaum difabel di Gorontalo, lewat program paragames yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam hal ini dinas sosial. Kaum difabel diangkat derajatnya, agar lebih mandiri dan produktif menyalurkan potensi yang dimilki.

Seperti kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati HUT 345 Kabupaten Gorontalo, berbagai lomba dilaksanakan, sebagai komitmen Ketua PKK Dr.Fory Naway, mengasah dan menggali potensi, nantinya tidak dipandang sebebelah mata para difabel itu.

Paragames dalam rangka memeriahkah Hut 345, melibatkan seluruh para defabel se Provinsi Gorontalo, berbagai cabang olah raga dan seni. Adapun cabang yang dilombakan meliputi, cabang catur untuk tuna netra diikuti oleh 20 orang, balap sepeda 10 orang, lomba bocce 8 orang, tenis meja diikuti oleh tuna runggu dan tuna gratiah mengikuti bulu tangkis 35 orang.

Untuk jenis lomba kesenian, vokalia 6 orang, pantomim 40 orang serta fashion show 16 0rang, ungkap ketua PKK Kabupaten Gorontalo.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo merasa bangga dan memberikan apresiasinya pada pengurus dan jajaran PKK serta dinas sosial telah melaksanakan lomba vokalia dan pantomim bagi para defabel.

"Hari ini saya berbangga, ditengah-tengah kita,  telah hadir siswa -siswi disabilitas bersama para guru pendamping dari seluruh sekolah luar biasa (SLB ) se- Provinsi Gorontalo, yakni SLB Kabupaten Gorontalo,SLB Boalemo,SLB Gorontalo Utara,SLB Pohuwato,SLB Kota Gorontalo Dan SLB Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango," Ucap Nelson

Alhamndulillah seluruh mereka hadir di tempat ini, demi mendukung kegiatan olah raga dan seni para games yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Kabupaten Gorontalo ke 345 tahun 2018.

Semoga kegiatan ini dapat menggugah kesadaran kita semua akan pentingnya pemenuhan perlindungan dan penegakan hak penyandang disabilitas di berbagai sektor kehidupan.

"Meskipun mempunyai fisik yang tidak sempurna, namun saya menyakini banyak potensi yang bisa digali dari para siswa/siswi penyandang disabilitas ini" Ujar Nelson.

Pemerintah harus hadir untuk menegakan hak-hak penyandang disabilitas dan sebagai anak-anak bangsa, harus berkontribusi untuk menghadapi masa depan mereka, tandasnya

Sementara itu Ketua PKK Dr.Fory Naway menambahkan, permasalahan yang sangat mendasar dari penyandang disabilitas adalah kurangnya pemahaman masyarakat maupun aparatur yang terkait tentang arti disabilitas dan keberadaan penyandang disabilitas sebagai bagian dari warga negara.

Oleh karena itu, kedepan sebagai mitra pemerintah, PKK kedepan secara bertahap dan bersungguh-sungguh, mengambil langkah yang konkrit,  para disabilitas ini, dapat sejajar dengan orang normal.

"Para Defabel merupakan orang-orang, menjadi sasaran PKK Kabupaten Gorontalo untuk menghimpun, mendengarkan, melihat dan menyaksikan, apa saja potensi mereka untuk dikembangkan," Ungkap Fory Naway. (Ih-04)