Kapolda Tekankan Jajaran Hadapi Pilkada, Jangan Sampai Timbul Kluster Baru Covid-19

Kapolda Tekankan Jajaran Hadapi Pilkada, Jangan Sampai Timbul Kluster Baru Covid-19

GOSULUT.ID - HUKRIM - Pelaksananaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tiga Kabupaten di Provinsi Gorontalo harus dapat berjalan aman, damai, sehat dan demokratis tanpa menciptakan kluster baru Covid-19

Hal ini diungkapkan Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK., M.Si, MM kepada seluruh jajaran, seluruh PJU dan Kapolres melalui video conference (Vicon) Selasa (15/9/20). Ia juga berharap dukungan kepada semua pihak terkait demi suksesnya perhelatan pesta demokrasi tersebut.

Ditekankan kepada seluruh jajaran agar optimal menciptakan situasi kondusifitas wilayah selama pelaksanaan Pilkada dan menekan jumlah penyebaran Covid19. 

"Kita memiliki tanggung jawab untuk mengamankan dan mengawal Pilkada dengan aman, damai, sehat dan demokratis, artinya target kita tidak hanya mewujudkan Pilkada di 3(tiga) Kabupaten ini sukses, tetapi juga bagaimana kita sukses mencegah terjadinya kluster baru,"Ujar Wiyagus.

Lebih lanjut dikatakan Kapolda, dirinya sudah menyampaikan pesan sekaligus ajakan saat memimpin rapat koordinasi  bersama forkopimda propinsi yang dihadiri juga oleh Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Propinsi serta Pimpinan Parpol untuk mensukseskan Pilkada tanpa menciptakan kluster Covid19.

"Saya sudah sampaikan dihadapan para pejabat Forkopimda Propinsi, dan juga ketua KPU, Ketua Bawaslu serta Pimpinan Parpol untuk bersama-sama mensukseskan proses tahapan Pilkada dengan tetap mempedomani protokol kesehatan,"

Wiyagus juga berharap kepada para Kapolres khususnya yang melaksanakan Pilkada untuk melakukan hal serupa, secara intens mengingatkan para Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Pimpinan Parpol dan juga para paslon untuk jaga sitkamtibmas agar tetap aman dan kondusif serta disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan.

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono,SIK turut menambahkan,  bahwa telah dibentuk tim Pamatwil dari Polda yang bertugas untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada di 3(tiga) Kabupaten yakni Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Puhuwato dan Kabupaten Gorontalo guna memastikan kesiapan pengamanan dan penerapan protokol kesehatan dalam tahapan Pilkada.

"Bapak Kapolda telah menugaskan para Pejabat Utama Polda Gorontalo untuk ikut mengawasi sekaligus memberikan asistensi kepada kewilayahan agar tujuan terlaksananya Pilkada yang aman, damai, sehat dan demokratis dapat tercapai sesuai harapan bersama, "Terang Wahyu.

Mantan Kapolres Bone Bolango ini menegaskan bahwa Polda Gorontalo bersinergi dengan TNI siap mengamankan dan mengawal seluruh tahapan Pilkada.

"Saya tegaskan bahwa kami Polri dan TNI netral, dan kami siap mengamankan serta mengawal Pilkada ini dengan aman, damai dan sehat, tentu saya juga berharap dukungan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mensukseskannya ,"Pungkasnya.

Editor: Harso Utiarahman