Kapolda Tanamkan Sikap Bela Negara ke  Mahasiswa STIKES Bakti Nusantara Gorontalo

Kapolda Tanamkan Sikap Bela Negara ke  Mahasiswa STIKES Bakti Nusantara Gorontalo

GOSULUT.ID - POLDA - Bela negara merupakan sikap dan perilaku warga yang harus di miliki setiap warga negara republik indonesia yang di jiwai oleh kecintaannya berdasarkan pancasila dan undang undang dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara seutuhnya.

Hal ini diungkapkan Kapolda Gorontalo Irjen Pol Dr. Adnas, M.Si saat menjadi Narasumber pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2020/2021 yang diselenggarakan oleh STIKES Bakti Nusantara Gorontalo Secara Virtual menggunakan Aplikasi Zoom Meeting, Selasa (28/07/2020).

Ia menyampaikan, bahwa Negara ini lahir dengan perjuangan yang di korbankan oleh pendiri dan pejuang negara ini yang setiap tanggal tgl 17 agustus dirayakan. Ada hal yang harus  sipahami, ada nilai yang tumbuh dan berkembang di setuap insan warga negara indonesia, ini jngan pernah lupa bahwa negara ini lahir bukan lahir karna hadiah tapi dengan perjuangan.

"Sekarang kita ada posisi dengan mengisi kemerdakaan ini, kita membela negara ini dengan tekad dan sikap perilaku warga sesuai dengan roh dan nilai nilai utuk mengisi kemerdekaan ini," Urai Kapolda.

Menurut Adnas mahasiswa harus paham bahwa bela negara ini bagaimana sikap nilai nilai harus terpatri kepada seluruh mahasiswa. Untuk menjadikan negara yang sejuk dan damai ini sebagai mahasiswa diharapkan mampu berfikir dan berbuat serta memilik produktifitas yang bernilai dari masing masing individu. 

Kapolda berharap dengan menanmkan sikap bela negara ini akan ada bibit bibit lulusan terbaik dari sekolah tinggi di negara ini dengan memiliki nasionaliti yang tinggi.

Dikatakannya sebagai warga negara punya hak dan kewajiban. Apalagi sebentar lagi tiga Kabupaten di provinsi Gorontalo melaksanakan pilkada. Kewajiban sebagai warga negara harus ikut andil memilih pemimpin yang mampu untuk memimpin daerah ini.

"Kita inilah salah satu contoh kehidupan berwarga negara yang baik," Ujar Kapolda.

Sekarang ini juga pemerintah menggalakkan pendisiplinan protokol kesehatan, di harapkan kepada mahasiswa mentaati peraturan protokol kesehatan , dari hal kecil ini kita telah melaksanakan kewajiban sebagai warga negara yang baik. 

Kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini agar mampu memberikan sesuatu yang baik kepada bangsa dan negara ini, 

"Silahkan memberikan kritikan maupun saran untuk kebaikan bangsa dan negara ini. Boleh Kritis asal jangan anarkis," Tutup Kapolda 

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono, Sik menyampaikan bahwa maksud dan tujuan di laksanakannya kegiatan ini tidak lain adalah untuk menanamkan sifat bela negara kepada mahasiswa baru.

"Agar mahasiswa memiliki kesadaran akan pentingnya bela negara menuju negara yang lebih maju," Ujarnya.

Editor: Harso Utiarahman