KANS Hadir Bukan Perbedaan Tapi Kebersamaan, Prof.Nelson Pomalingo : Tidak Boleh Terlibat Politik Praktis

KANS Hadir Bukan Perbedaan Tapi Kebersamaan, Prof.Nelson Pomalingo : Tidak Boleh Terlibat Politik Praktis

Laporan Wartawan : Alwin Ibrahim

Editor : Mnunu Tangguda

www.gosulut.id  - Limboto - Bupati Kabupaten Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo menghadiri Launching Komunitas Arisan Ngopi Santai (KANS) sekaligus Pencabutan arisan Perdana  anggota KANS, di RM Phopoy Belakang Kantor Badan Keuangan Rabu (31/07)

Sekretaris KANS, Muhtar Potutu di hadapan bupati memaparkan, tujuan pembentukan KANS, tujuan pertama membentuk komunitas masyarakat yang anti hoax, kedua menciptakan opini publik yang produktif serta menangkal upaya yang profokatif isu sarah, ketiga merubah pandangan warung kopi menjadi sebagai sarana edukatif interakrif sosial serta media publik bermanfaat.

" Program pertama yaitu memperluas opini dari sumber-sumber yang terpercaya dan merangkul bersama semua pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Gorontalo. Dan membangun rantai edukasi dan literasi publik lewat program yang kita sepakati,"papar Sekertaris Kecamatan, Muhtar Potutu, yang baru di lantik.

Lewat kesempatan ini, Bupati Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, pembentukan KANS merupakan inisiatif yang baik, semoga kedepan komunitas ini semakin terarah kedepan.

”Saya bangga inisiatif muncul dari kalangan bawah, kami juga sebagai pemerintah terus memfasilitasi, mendorong dan memberikan semangat Lebih,"Sambungnya.

Prof.Nelson juga mengigatkan dalam komunitas KANS agar tidak berbaur dengan persoalan politik dan kegiatan ini harus dilakukan secara berkelanjutan.

”KANS ini harus mempunyai secretariat, sehingga dapat membicarakan hal-hal yang produktif  untuk mencerahkan rakyat, bukan hanya sekedar diskusi tetapi melahirkan hal produktif. Dan tidak boleh ada terkontaminasi persoalan politik,"Tambahnya.

Sang Profesor sebagai orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo menyatakan, diri untuk bergabung sebagai anggota KANS setelah melakukan pengundidian arisan Anggota KANS.

"Jika seperti ini, mekanisme dan menejemen komunitas, maka Saya juga ikut bergabung," ujar Prof.Nelson Pomalingo.

Di tempat yang sama Ketua Komunitas Arisan Ngopi Santai, Fanly Katili yang di dampingi oleh jajaran pengurusnya. Bersyukur atas Launching Komunitasnya tersebut.

”Komunitas ini, kata Fanly hadir dari ide beberapa orang saat ngumpul-ngumpul di warung kopi. Melalui ide-ide ini-lah di gagas satu komunitas yang mampu mewadahi menjadi keinginan bersama,”ungkap Fanly Katili.

Alhamdulillah, hari ini komunitas baru di Kabupaten Gorontalo telah resmi lahir dan juga sudah di launching oleh bapak bupati.

”Ini sebuah komunitas arisan ngopi santai, berawal dari kita beberapa orang. Untuk ngumpul dan ngopi bareng, bersama dan bersepakat ini komunitas yang seyogyanya hadir menjalin kebersamaan, jadi kita hadir bukan karena perbedaan tapi terlahir karena kebersamaan ini juga jadi slogan kita,” tutur Fanly Katili.

Visi dari komunitas yang telah di launching orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo itu. Bagaimana mewujudkan dan mengelola opini yang ideal, berimbang serta sebagai media sarana sosialisasi komunikasi dan interaksi publik.

Sedangkan menjadi anggota KANS  sendiri sangat mudah, sebab kita di sini dari semua komunitas, ada dari lsm, tokoh masyarakat, aktivis, ASN, bahkan cleaning service dan ada juga perwakilan mahasiswa. Jadi kita di komunitas ini berbaur menjadi satu, tidak ada sekat antara satu sama lain," tegas Fanly Katili.

Selanjutnya, Fanly Katili membeberkan, bahwa di KANS itu sendiri dibuatkan arisan untuk Anggota Komunitas.

”Untuk mekanisme arisannya tersendiri, setiap dua minggu sekali dilakukan pencabutan dan kontribusinya lima puluh ribu per dua minggu. Bagi yang pingin mendaftar sangat mudah, cukup mendaftarkan sebagai anggota udah jadi anggota kumunitas,”ucap Fanly Katili.***