Kaleidoskop Juni 2020 : Tengah Bencana Alam Menuju Tatanan Hidup Baru 

Kaleidoskop Juni 2020 : Tengah Bencana Alam Menuju Tatanan Hidup Baru 

GOSULUT.ID - Dalam menghadapi tatanan hidup baru, pemerintah Provinsi (Pemorov) Gorontalo terus menghimbau masyarakat untuk tetap produktif dengan memanfaatkan pekarangan.

Segala sektor mulai dipersiapkan beradaptasi dengan tatanan hidup baru. Perekonomian bangkit perlahan, masyarakat diimbau untuk tetap produktif dengan memanfaatkan pekarangan. Keberhasilan Gorontalo dalam menangani covid-19 pun mendapatkan apresiasi dari pusat.

Namun bencana alam masih menyelimuti Gorontalo, upaya bantuan diberikan kepada korban. Pasien covid yang terus bertambah membuat Pemprov Gorontalo bersiap dengan rumah sakit rujukan kedua, RS Ainun Habibie.

 

1 Juni 2020

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melepas 70 personil polisi yang ditugaskan untuk menjaga perbatasan Provinsi Gorontalo. Pelepasan petugas tersebut dilakukan di lapangan Polda Gorontalo, Senin (01/06/2020).

70 personil yang ditugaskan tersebut di bagi di tujuh titik perbatasan. Rinciannya, perbatasan Atinggola, Popayato, Tolinggula, Taludaa, Pelabuhan Anggrek, Pelabuhan Penyeberangan dan Terminal Dungingi.

 2 Juni 2020

Sebuah gebarakan baru dilakukan oleh pemerintah Provinsi Gorontalo untuk mendorong produktivitas warganya. Salah satunya dengan mewajibkan setiap calon penerima bantuan berbagai program untuk berkebun di pekarangan rumah masing-masing.

Seperti yang ditinjau oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Selasa (2/6/2020). Di lahan milik Jerman Rahman itu ditanami bawang, rica, tomat dan sayur-sayuran. Warga Desa Tualango Kecamatan Tilango itu merupakan calon penerima bantuan sepeda motor berkotak pendingin (cool box) melalui Dinas Perikanan.

“Mulai tahun 2020 ini saya mempersyaratkan setiap penerima bantuan dari program pemprov untuk berkebun menanam sayuran, buah-buahan dan rempah-rempah. Jadi bapaknya dapat motor untuk jualan ikan, istrinya berkebun. Bibit dan polybag-nya kita bantu gratis,” ucap Rusli.

4 Juni 2020

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo mencatatkan rekor opini pengelolaan keuangn Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tujuh kali secara beruntun. Opini dari hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diraih secara konsisten dari tahun 2013 hingga tahun 2019

Pengumuman raihan WTP tahun 2019 disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD melalui aplikasi webinar, Kamis (4/6/2020). Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim bersama jajaran kepala OPD dilingkup Pemprov Gorontalo, mengikutinya dari aula Rumah Jabatan Gubernur.

5 Juni 2020

Ribuan bentor di Kota Gorontalo disemprot cairan disinfektan, Jumat (5/6/2020). Penyemprotan yang bekerjasama antara Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Gorontalo, PMI Provinsi Gorontalo dan aplikator ojek online dilakukan di pangkalan bentor di Jl. Agussalim, Kota Gorontalo.

Kadishub Jamal Nganro yang didampingi kepala Markas PMI Yahya Ibrahim menjelaskan, sterilisasi kendaraan roda tiga itu sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan virus corona di daerah. Lebih daripada itu, penyemprotan juga untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi pengemudi maupun penumpang.

6 Juni 2020

 Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meninjau pasar Kayubulan di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (06/06/2020). Peninjauan ini dilanjutkan dengan pencanangan pasar Kayubulan sebagai kawasan percontohan tertib menghadapi tatanan hidup baru (New Normal Life).

Setiap pedagang di pasar Kayubulan di atur jarak satu dengan yang lainnya. Di pintu masuk pasar telah disediakan petugas yang bertugas mengecek suhu tubuh pengunjung. Pembeli diwajibkan untuk memakai masker dan mencuci tangan.

8 Juni 2020

Program Po’otu’ude atau penyelarasan kurikulum SMK dengan dunia usaha/industri resmi diluncurkan oleh Wakil Gubernur Gorontalo, H. Idris Rahim, di SMK Negeri Model Gorontalo, Selasa (9/6/2020).

Selain program program Po’otu’ude yang dilaksanakan oleh SMK Negeri Model Gorontalo, wagub juga melakukan panen rumput odot atau rumput gajah serta peluncuran penanaman tanaman hortikultura di area sekolah.

Artikel Terkait  Undang Hadiri Adat Pulanga, Gubernur Apresiasi Cara Lembaga Adat Pohuwato

Idris mengapresiasi jajaran Dikbudpora Gorontalo serta jajaran SMK Model Gorontalo yang melaksanakan program ini dimana mampu mempersiapkan lulusan untuk bisa bersaing dan selaras dengan kebutuhan dunia usaha atau dunia insdustri.

 9 Juni 2020

Program berkebun di pekarangan rumah disambut baik masyarakat. Ini dibuktikan dengan mulai banyaknya pekarangan ataupun lahan kecil di sekitar rumah yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkebun.

Hal ini membuat Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, merasa gembira dan mengapresiasi usaha masyarakat yang tetap produktif meski berada di rumah untuk mematuhi anjuran pemerintah ‘stay at home’ atau tetap berada di rumah untuk memutus tali penyebaran covid 19.

9 Juni 2020

Sebanyak 2000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Paguyaman dan Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo menerima bantuan pangan bersubsidi. Bantuan diserahkan oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di masing-masing kantor camat di dua tempat tersebut, Selasa (09/06/2020).

Pemberian bantuan yang telah dilakukan Rusli sejak tahun 2012 tersebut kali ini dibagi masing-masing untuk Kecamatan Paguyaman sebanyak 1.250 KPM. Sedangkan untuk Kecamatan Tilamuta mendapatkan bagian 750 KPM.

 10 Juni 2020

Bantuan benih jagung untuk 24.500 Ha lahan di Kabupaten Pohuwato dicairkan, Rabu (10/6/2020). Bantuan diserahkan simbolis oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di Kecamatan Popayato Barat itu dirangkaikan dengan penyerahan Bantuan Pangan Bersubsidi untuk 750 KPM bagi warga setempat.

Bantuan benih tersebut dialokasikan untuk 1.245 petani jagung Pohuwato. Khusus untuk Kecamatan Popayato Barat, dialokasikan bagi 75 petani dengan luas lahan 1.705 Ha.

11 Juni 2020

Kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Edhy Prabowo membawa berkah bagi nelayan Gorontalo. Edhy menyerahkan bantuan senilai Rp7,9 Miliar untuk nelayan di lima kabupaten dan kota saat menabur benih udang vaname di Desa Mootinelo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (11/6/2020).

Bantuan terdiri dari Rp4 miliar untuk Kabupaten Gorontalo Utara, Rp185 juta untuk Kota Gorontalo, Rp3,24 miliar untuk Bone Bolango, Rp289 juta untuk Boalemo serta Rp250 juta untuk Kabupaten Pohuwato. Bantuan untuk bioflok, premi asuransi perikanan bagi pembudidaya ikan kecil, benih ikan nila serta sarana dan parasarana budidaya.

11 Juni 2020

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie beserta sejumlah pimpinan OPD bergerak cepat meninjau banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Bone Bolango, Kamis (11/6/2020).

Gubernur Rusli menginstruksikan semua dinas terkait untuk bergerak cepat menangani banjir di berbagai daerah. Prioritas utamanya mengamankan warga dari hantaman banjir lebih besar dengan cara diungsikan ke tempat yang lebih baik.

11 Juni 2020

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyerahkan bantuan bagi 628 kepala keluarga korban terdampak bencana banjir di Kecamatan Bone, Bone Bolango. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat, Jumat (12/06/2020).

“Saya mengharapkan agar kita menjaga lingkungan, jangan merusak hutan dan tidak saling menyalahkan. Bencana seperti ini tidak ada yang menginginkan. Kita semua prihatin tapi tolong dengar anjuran pemerintah,” ucap Rusli dalam sambutannya.

13 Juni 2020

Provinsi Gorontalo siap memasuki masa transisi menuju New Normal Life. Hal itu diputuskan dalam rapat virtual evaluasi PSBB tahap III yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Gorontalo, H. Idris Rahim bersama unsur forkopimda, Sabtu (13/06/2020).

Artikel Terkait  Gorontalo Ketambahan Satu Paroki Umat Katolik

“Dalam masa transisi, tidak lagi melanjutkan pemberlakuan PSBB berskala Provinsi secara top down. Tetapi sepakat mendorong kreatifitas secara bottom up di tingkat kabupaten/kota sampai ke tingkat desa kelurahan dalam menentukan lokus dan bentuk pembatasan dengan melibatkan patrtisipasi masyarakat,” terang Wagub Idris.

15 Juni 2020

Keberhasilan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dalam hal pencegahan dan penekanan kasus Covid-19 di Provinsi Gorontalo ternyata mendapat perhatian serius dari LSM Internasional bernama The International Republican Institute (IRI).

Hal ini dibuktikan dengan dipilihnya Gubernur Rusli menjadi salah satu narasumber dalam forum diskusi nasional, via teleconference bersama IRI dan 100 calon pemimpin masa depan Indonesia, dengan tema “kepemimpinan yang efektif dalam penanganan bencana pandemi”, Senin (15/6/2020).

 16 Juni 2020

Pemerintah Provinsi Gorontalo menerjunkan tim gabungan untuk membantu membersihkan kampung dan rumah warga, Selasa (16/6/2020). Pembersihan difokuskan di Kelurahan Kampung Bugis, Ipilo dan sekitarnya usai dihantam banjir bandang beberapa hari lalu.

Tim terdiri dari unsur Brimob Polda Gorontalo, Korem 133 Nani Wartabone, Basarnas Gorontalo dan Tagana. Ada juga unsur Satpol PP, BPBD dan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Saya berkoordinasi kepada Pak Kapolda dan Pak Danrem dan mendapat respon yang sangat positif dan kita mulai hari ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan TNI Polri yang bersinergi dan kompak membantu masyarakat,” puji Rusli.

16 Juni 2020

Rumah Sakit dr. Hasri Ainun Habibie (RS Ainun) memiliki ruang isolasi untuk pasien Coronavirus Disaese 2019 (Covid-19). Ruang baru di lantai dua bagian timur itu diresmikan oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Selasa (16/6/2020).

“Saya sangat senang, puas melihat hasil pekerjaannya walaupun sangat singkat tapi sangat lengkap. Mudah-mudahan kurang lebih 80 tempat tidur ini, bisa menampung dan merawat mereka yang terpapar covid-19,” ungkap Rusli dalam sambutannya.

Dua ruang isolasi khusus covid-19 tersebut terbagi dua, yakni ruang isolasi A dan ruang isolasi B. Gedung dilengkapi hepafilter, ruangan bertekanan negatif, dua ruangan ICU dengan alat ventilator dan x-ray mobile, CCTV dan lainnya.

17 Juni 2020

Di tengah pandemi Covid-19, potensi pertanian Provinsi Gorontalo tetap bergerak maju. Hal ini dibuktikan dengan ekspor 12.400 ton jagung oleh PT. Seger Agro Nusantara dengan tujuan Filipina yang dilepas oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di pelabuhan Anggrek, Gorontalo Utara, Rabu (17/06/2020).

Ekspor 12.400 ton jagung ke Filipina dibagi dalam dua tahap pengiriman. Tahap pertama telah dilakukan pada tanggal 09 Juni 2020 dengan jumlah ekspor sebanyak 6.100 ton dan tahap kedua sebanyak 6.300 ton dengan nilai ekspor keseluruhan sebesar Rp. 44,9 miliar.

17 Juni 2020

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie kembali mendatangi posko-posko banjir bandang Gorontalo. Di beberapa posko tersebut Rusli menyerahkan beragam bantuan untuk masyarakat terdampak banjir.

Di Kelurahan Bugis dan sekitarnya dibangun juga tiga posko kesehatan dan posko pengaduan 1×24 jam. Posko tersebut bisa digunakan warga untuk berobat dan menyampaikan keluhannya.

20 Juni 2020

Pemerintah Provinsi Gorontalo menerima bantuan 20.000 reagen kit dan Virus Media Transfer (VTM), Kamis (18/6/2020). Bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu rinciannya 10.000 reagen kit dan 10.000 VTM.

Artikel Terkait  Gubernur Canangkan Peringatan HUT Provinsi Gorontalo ke-17

“Alhamdulillah berkat upaya dari Bapak Gubernur Rusli Habibie dan Ibu Idah Syahidah selaku anggota DPR RI Komisi VIII kita mendapatkan bantuan dari BNPB. Reagen kit dan VTM ini sangat penting untuk mempercepat proses swab test di Laboratorium BPOM Gorontalo,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Misranda Nalole.

19 Juni 2020

Kwartir daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Gorontalo membantu pemulihan trauma anak-anak korban banjir di Kelurahan Kampung Bugis, Kota Gorontalo, Jumat (19/6/2020). Kwarda membentuk posko atau tenda pintar.

“Selain bantuan logistik, penyembuhan trauma khususnya bagi anak mutlak diperlukan. Di tenda pintar ini kita belajar, bermain dan menyanyi bersama. Walaupun hanya belajar di tenda, anak-anakku kalian harus tetap merasakan keceriaan,” ungkap Ka Kwarda Gorontalo Idah Syahidah, saat memberikan materi psikologi healing trauma di depan anak anak korban banjir.

20 Juni 2020

Pemerintah Provinsi Gorontalo kembali ketambahan 9.600 paket alat PCR Swab, Sabtu (20/6/2020). Bantuan Gugus Tugas Covid-19 Pusat itu diterima oleh BPBD dan selanjutnya diserahterimakan kepada Dinas Kesehatan.

Bantuan terdiri PCR, Viral Transport Medium (VTM), RNA dan Tube masing-masing 9.600 buah. Selain itu ada juga cotton swab sebanyak 9.000 buah. Kamis kemarin, pemprov juga menerima bantuan PCR dan VTM masing-masing 10.000 buah.

22 Juni 2020

Bantuan benih jagung untuk Kecamatan Wonosari dengan luas lahan 5.503 Ha dan bantuan kedelai seluas 108 Ha, diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, pada kegiatan penyerahan bantuan Pangan Bersubsidi untuk 1.225 KPM bagi warga setempat, Minggu (21/6/2020).

Bantuan benih tersebut dialokasikan untuk 3.293 petani. Untuk keseluruhan Kabupaten Boalemo sendiri, total petani jagung ada 13.521 petani, dengan luas lahan 25.500 Ha. Sementara untuk benih kedelai untuk 108 petani.

25 Juni 2020      

Keberhasilan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dalam hal pencegahan dan penekanan kasus Covid-19 di Provinsi Gorontalo kembali mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Jika sebelumnya ia menjadi pembicara nasional dengan sebuah LSM internasional, kali ini Gubernur Rusli di tunjuk oleh tim Gugus Tugas Pusat Penanganan Covid-19 untuk menjadi narasumber utama pada Live Talk Show via daring, tentang upaya pemerintah daerah dalam menangani dan menekan penyebaran covid-19, Rabu (24/6/2020).

Dalam live tersebut, Kol. Kristomei Sianturi selaku Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 meminta Gubernur Rusli untuk menjelaskan cara menangani atau menekan angka Covid-19 di Gorontalo. Gubernur pun mulai menceritakan upaya dan cara-cara yang dilakukan selama menghadapi pandemi ini.

27 Juni 2020

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba meminta data Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Dukcapil) menjadi acuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Menurutnya, akurasi data DTKS yang menjadi rujukan penetapan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan maupun dalam penyaluran bantuan sosial masih menjadi persoalan yang sering dihadapi selama ini, karena tidak terintegrasi dengan baik.

30 Juni 2020

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, bersama pejabat terkait membahas insentif tenaga kesehatan (nakes) yang menangani covid-19 di dua rumah sakit rujukan covid di Gorontalo, di rumah dinas gubernur, Senin (29/6/2020).

Dua rumah sakit rujukan covid-19 di Gorontalo yaitu rumah sakit Aloei Saboe (RSAS) dan rumah sakit Hasri Ainun Habibie.***