Kain Putih 30 Meter Jadi Simbol Melawan Penyakit

Kain Putih 30 Meter Jadi Simbol Melawan Penyakit
Kain Putih 30 Meter Jadi Simbol Melawan Penyakit

Limboto – gosulut.id - Kain Putih 30 Meter, menjadi simbol dalam melawan penyakit korupsi di bawah kepemimpinan Bupati Prof. Nelson Pomalingo di daerah ini. Pada peringatan hari anti korupsi se dunia, di kabupaten gorontalo semua pimpinan OPD , camat dan lurah dan kades membubuhkan tanda tangan sebagai simbol perlawanan terhadap tindak pidana korupsi dalam lingkungan pemerintah kabupaten Gorontalo, yang bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo.

Bagi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, korupsi adalah merupakan sebuah kejahatan yang luar biasa.

"Korupsi itu dapat menghambat pembangunan, sebab uang negara yang seharusnya untuk melakukan pembangunan, tapi justru dikorupsi," terangnya.

Untuk menekan dan memberantas korupsi, perlu ada pemahaman tentang tindak pidana korupsi.  Mulai dari lingkungan sekitar, tempat kita bekerja dan lingkungan   masyarakat, agar semua saling mengawasi, untuk sama sama memberantas korupsi, tegas Nelson Pomalingo.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Hari Anti Korupsi, Asisten III Hen Restu mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan ini, undang -undang nomor 28 tahun 1999 tentang penyelenggara negera yang bersih dan bebas dari korupsi,kolusi dan nepotisme.

Undang -undang no 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan undang undang nomor 20 tahun 2001.

Hasil rapat dalam rangka memperingati hari anti korupsi tingkat Kabupaten Gorontalo, selasa 4 Desember s/d  10 desember 2018.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati hari anti korupsi sedunia tingkat Kabupaten Gorontalo  adalah, lomba kantin kejujuran yang diikuti oleh perwakilan satuan pendidikan tingkat SD dan SMP.

Lomba pidato tema "pencegahan Tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan desa" yang diikuti oleh 19 kepala desa/kelurahan perwakilan setiap kecamatan di Kabupaten Gorontalo.

Pembagian dan penempelan stiker anti korupsi kepada masyarakat pengendara kenderaan bermotor bertempat di jalan bawah pakaya tower.

"Terkahir, malam puncak peringatan hari anti korupsi sedunia tingkat Kabupaten Gorontalo tahun 2018 dengan penandatanganan dukungan dan komitmen bersama pencegahan korupsi di Kabupaten Gorontalo," Tandas Hen Restu.(ih-04)